SBU Konstruksi 2022 bagi pada pekerja di bidang jasa konstruksi sangatlah penting untuk dimiliki, karena SBU konstruksi 2022 memiliki fungsi yang sangat membantu badan usaha bidang jasa konstruksi dalam menjalankan kegiatan badan usaha tersebut secara resmi di Indonesia.

Bagaimana cara membuat SBU konstruksi 2021/2022? Apa saja kualifikasi SBU konstruksi?

Pada artikel berikut akan dibahas mengenai apa itu SBU konstruksibagaimana cara daftar SBU konstruksi, serta berapa biaya pembuatan SBU konstruksi yang berlaku dan ditetapkan di Indonesia untuk tahun 2022 dan seterusnya. Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Cara Daftar dan Membuat SBU Konstruksi 2022
Cara Daftar dan Membuat SBU Konstruksi 2022

Pengantar: SBU Konstruksi

Apa itu SBU konstruksi? SBU adalah singkatan dari Sertifikat Badan Usaha yang menjadi bukti otentik bahwa suatu Badan Usaha secara resmi dan terdaftar telah berdiri, serta memiliki bukti pengakuan kompetensi sesuai klasifikasi di bidang jasa konstruksi tertentu.

SBU konstruksi 2022 memiliki fungsi yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. SBU konstruksi sebagai bukti otentik atas kompetensi suatu badan usaha di bidang jasa konstruksi, baik lokal maupun asing, dan sebagai bukti resmi bahwa suatu badan usaha jasa konstruksi dapat melakukan kegiatan usaha secara legal di Indonesia.
  2. SBU sebagai syarat komitmen izin badan usaha di bidang jasa konstruksi, yang wajib dipenuhi dan berlaku secara efektif di seluruh bagian negara Indonesia.
  3. SBU menjadi syarat suatu badan usaha di bidang jasa konstruksi untuk mengikuti tender atau proyek konstruksi dari pemerintah Indonesia.
  4. SBU konstruksi juga berfungsi sebagai persyaratan joint operation dan joint venture, yang merupakan peluang kerjasama di bidang konstruksi dengan pihak asing yang berguna untuk mengembangkan bisnis badan usaha konstruksi ke arah yang lebih baik.

Masa berlaku SBU konstruksi 2022 adalah selama 3 (tiga) tahun, dihitung sejak tanggal SBU diterbitkan. Jika masa berlaku SBU telah habis, anda bisa melakukan pengajuan pembaharuan SBU konstruksi agar masa berlaku bertambah.

Perlu diketahui bahwa pada tanggal 29 Desember 2021 Kementerian RI, PUPR, dan LPJK bersama membuat pemberlakuan SBU dan SKK-K (Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi) setelah masa transisi untuk periode 2021-2024.

Adapun LPJK mengeluarkan surat Nomor BK 0401-Lk/1319 yang berisi tentang :

  • SBU konstruksi 2022dan SKK-K yang sedang dalam proses perpanjangan dan/atau perubahan, dinyatakan masih berlaku hingga 31 Juli 2022 yang tertayang pada SIKI LPJK.
  • SBU dan SKK Konstruksi yang sedang dalam proses perpanjangan dan/atau perubahan oleh LSBU dan LSP dinyatakan masih berlaku hingga 31 Juli 2022,dengan persyaratan telah memenuhi kriteria yang ditetapkan dengan dokumen lengkap dan disertai bukti surat perjanjian sertifikasi.
  • Permohonan SBU dan SKK Konstruksi telah tervalidasi oleh pihak LPJK dapat melalui Sekretariat LPJK (email : sekretariatlpjk@pu.go.id)
  • Keabsahan SBU konstruksi 2022dan SKK-K dapat dilakukan dengan cara cek SBU online dengan memindai (scanning) QR Code melalui aplikasi LPJK Scanner dan aplikasi Jakontrust.
  • QR Code tersebut memuat nomor pencatatan SBU dan SKK Konstruksi yang telah tercatat dan divalidasi oleh pihak LPJK.

Penerbitan SBU Konstruksi

SBU dikeluarkan oleh siapa dan lembaga apa? SBU konstruksi diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) yang berada di bawah kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Peraturan dan klasifikasi SBU konstruksi 2022 telah diatur dalam peraturan LPJK Nasional Republik Indonesia mengacu pada Bentuk Badan Usaha, Unsur Legalitas, Keuangan, Tenaga Kerja, dan Pengalaman Kerja.

LPJK dapat menerbitkan SBU konstruksi 2022 berdasarkan klasifikasi dan kualifikasi SBU konstruksi berikut ini.

1. Klasifikasi Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi

Klasifikasi usaha jasa pelaksanaan konstruksi adalah pekerjaan konstruksi keseluruhan atau sebagian dengan kegiatan meliputi lingkup pembangunan, instalasi, pengoperasian, pemeliharaan atau pembongkaran gedung/bangunan, dan pembangunan kembali.

Klasifikasi usaha jasa pelaksanaan konstruksi meliputi kualifikasi SBU konstruksi kecil, kualifikasi menengah dan kualifikasi besar.

2. Klasifikasi Usaha Jasa Perencana dan Pengawas

Klasifikasi usaha jasa perencana dan pengawas adalah pekerjaan konstruksi secara keseluruhan/sebagian dengan kegiatan hanya meliputi konsultan konstruksi atas pembangunan, instalasi, pengoperasian, pemeliharaan/pembongkaran suatu bangunan.

Klasifikasi usaha jasa perencana dan pengawas yang bertugas sebagai konsultan konstruksi, meliputi kualifikasi SBU konstruksi kecil, kualifikasi menengah dan kualifikasi besar.

3. Klasifikasi Usaha Jasa Konstruksi Terintegrasi

Klasifikasi usaha jasa konstruksi terintegrasi adalah penggabungan seluruh atau sebagian kegiatan pekerjaan konstruksi dan konsultan konstruksi dengan resiko tinggi, dan membutuhkan penggunaan alat teknologi tinggi dan canggih serta biaya yang besar.

Klasifikasi usaha jasa konstruksi terintegrasi hanya meliputi lingkup kualifikasi SBU konstruksi besar.

Rincian Biaya Pembuatan SBU Konstruksi

Berapa biaya pembuatan SBU konstruksi tahun 2022 dan biaya perpanjangan SBU 2022?

Berdasarkan perincian biaya sertifikasi badan usaha bidang jasa konstruksi, biaya pembuatan SBU dapat dilihat pada Kepmen PUPR Nomor 559 Tahun 2021 tentang Penetapan Besaran Biaya Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi dan Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi.

Ini dilaksanakan secara resmi oleh Lembaga Sertifikasi Bidang Jasa Konstruksi. LSBU (Lembaga Sertifikasi Badan Usaha) dan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang akan menerbitkan invoice besaran biaya, beserta nomor tujuan pembayaran melalui sistem OSS.

Rincian Biaya Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi Republik Indonesia

Berdasarkan Kepmen PUPR Nomor 559 Tahun 2021 tentang Penetapan Besaran Biaya Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi dan Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi yang diterbitkan pada tanggal 7 Mei 2021, mengatur rincian biaya sertifikasi SBU konstruksi 2022.

Rincian daftar biaya sertifikasi SBU konstruksi 2022 adalah sebagai berikut.

Daftar Harga SBU

KualifikasiSBUKTA
Kecil1.500.000500.000
Menengah3.400.000750.000
Besar15.000.0003.500.000
PMA Besar15.000.0003.500.000
Spesialis3.500.000750.000

Rincian Biaya Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi Republik Indonesia

Pada peraturan Kepmen PUPR Nomor 559 Tahun 2021 tentang Penetapan Besaran Biaya Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi dan Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi, juga ditetapkan biaya Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi (SKK-K).

Daftar Harga SKK Konstruksi

JenjangBiaya
97.000.000
84.000.000
73.200.000
61.850.000
51.650.000
41.500.000
31.200.000
21.100.000

Cara Daftar SBU Konstruksi 2022

Untuk anda yang ingin mendaftarkan badan usaha bidang jasa konstruksi milik anda, berikut ini penjelasan mengenai bagaimana cara daftar SBUkonstruksi untuk periode tahun 2022 hingga 2024.

Berikut ini penjelasan tahapan layanan proses cara membuat SBU online, pendaftaran pengajuan pembuatan SBU konstruksi 2022.

Tahap 1: Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi

Sebelum melakukan pengajuan SBU konstruksi 2022, anda harus memiliki Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi (SKA) terlebih dahulu. Tenaga ahli jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat ini karena merupakan persyaratan yang harus dipenuhi.

SKA (Sertifikat Keahlian) berguna untuk persyaratan ditetapkannya sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT) maupun sebagai Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK) dalam melakukan proses registrasi pembuatan izin badan usaha jasa konstruksi.

Tahap 2: Registrasi Keanggotaan Asosiasi

Setelah memiliki SKA, anda juga diharuskan mendaftarkan diri atau calon badan usaha bidang jasa konstruksi yang ingin dibuat sebagai anggota asosiasi perusahaan jasa konstruksi yang telah terakreditasi dan resmi beroperasi di Indonesia.

Silakan ajukan permohonan sebagai anggota asosiasi perusahaan jasa konstruksi yang telah terdaftar di LPJK secara resmi sebagai persyaratan untuk mengajukan permohonan registrasi dan sertifikasi badan usaha jasa konstruksi melalui asosiasi terkait.

Adapun asosiasi perusahaan jasa konstruksi yang ada di Indonesia adalah :

  • AKI (Asosiasi Kontraktor Indonesia)
  • AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia)
  • AKBARINDO (Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia)
  • GAPENSI (Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia)
  • GAPEKSINDO (Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia)
  • GAPENRI (Gabungan Perusahaan Nasional Rancang Bangun Indonesia)
  • HIPSINDO (Himpunan Perusahaan Konstruksi Indonesia)
  • PERKINDO (Persatuan Konsultan Indonesia), dll.

Tahap 3: Sertifikasi Badan Usaha

Tahap terakhir dari bagaimana cara daftar SBU konstruksi tahun 2022 adalah menerima Sertifikat Badan Usaha milik anda sendiri. SBU adalah bukti kompetensi suatu badan usaha bidang jasa konstruksi untuk pihak pelaksana maupun perencana dan pengawasan konstruksi.

Setelah terdaftar sebagai salah satu anggota asosiasi perusahaan jasa konstruksi yang resmi dan terdaftar di LPJK, anda telah berhak mendapatkan SBU konstruksi 2022 yang telah anda ajukan sebelumnya.

Dapatkan SBU konstruksi sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi yang telah anda ajukan pada saat proses registrasi pengajuan SBU konstruksi 2022. SBU diterbitkan oleh LPJK Provinsi dan LPJK Nasional melalui proses Sertifikasi dan Registrasi Usaha Jasa Konstruksi.

Pemberlakuan dan Syarat SBU 2022 Terbaru

Dalam praktiknya,  ada beberapa syarat SBU 2022 terbaru yang harus dimiliki sebagai tanda profesionalisme perusahaan.

Jadi SBU 2022 ini menandakan kelayakan suatu badan untuk menjalankan usahanya. Itulah sebabnya, jika memiliki usaha di bidang konstruksi, Anda harus mengetahui Surat Edaran PUPR tentang SBU terbaru. Simak informasi tentang SBU Jasa Konstruksi berikut ini:

Sub Bidang SBU 2022

Kementerian PUPR telah meresmikan sistem OSS seperti yang telah diatur pada PP og tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Hal pemberian izin usaha berbasiskan Risiko dan PP 14 tahun 2021. Hal ini berkaitan dengan jasa konstruksi.

OSS telah mempercayakan empat komponen standar pemberian izin usaha. Yakni antara lain Sertifikasi Badan Usaha (LSBU), Sertifikasi Badan Usaha (SBU), lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), dan sertifikasi Kerja (SKK) subsektor jasa konstruksi.

Maka, berdasarkan hal tersebut mulai 3 Desember 2021 sudah mulai dilaksanakan pengakhiran periode. Terutama untuk  transisi pelayanan sertifikasi SBU dan SKK oleh tim pelaksanaan sertifikasi periode transisi.

Kemudian mulai 7 Desember 2021 permohonan sertifikasi akan dilakukan lewat sistem OSS dan pelaksanaan sertifikasi akan dilakukan oleh LSBU LSP. Itu artinya saat ini Anda sudah bisa perpanjangan SBU online

Dalam praktiknya, ada beberapa klasifikasi sertifikat Badan usaha sesuai tujuannya seperti berikut ini:

1. SBU konsultan

SBU konsultan atau SBU konsultasi adalah salah satu jenis SBU untuk menunjukan Anda memiliki kredibilitas sebagai seorang konsultan. Atau sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultasi.

Jenis konsultasi yang dilakukan juga bisa beragam. Termasuk untuk konsultasi tata kota, konsultasi manajemen proyek, dan konsultasi keuangan.

2. SBU Jasa Konstruksi (SBUJK 2022)

Saat ini Indonesia sedang berkembang pembangunannya. Sehingga banyak pembangunan di berbagai wilayah di Indonesia. Itulah sebabnya kebutuhan pekerja bangunan juga meningkat. Maka proyek untuk konstruksi juga memiliki banyak pekerjaan.

Dalam prakteknya, proyek ini tidak bisa diambil oleh sembarang orang. Termasuk pembangunan kota yang memiliki resiko untuk berdampak bagi seluruh kota. Itulah sebabnya peran SBU Jasa Konstruksi sangat penting. 

Karena nilai proyek pembangunan yang besar, membuat banyak perusahaan mengincar proyek pembangunan kota. Maka perusahaan tersebut harus masuk kualifikasi usaha jasa konstruksi 2021 terbaru dan membuat SBUJK 2022 terharu pula.

3. SBU Konsultan dan Konstruksi

Umumnya Contoh SBU konstruksi juga akan disertakan SBU konsultan khusus untuk konstruksi.Hal ini karena pembangunan akan diperlukan perencanaan agar meminimalisir resiko. Rencana itu biasanya datang dari seorang konsultan.

Itulah sebabnya banyak perusahaan yang membuat SBU konstruksi dan juga SBU konsultan konstruksi. Praktiknya SBU konsultan memang tidak hanya mengatur tentang konstruksi.

Tetapi juga termasuk bisnis dan finansial. Maka perusahaan inilah yang harus membuat SBU jasa konsultan non konstruksi.

4. SBU Spesialis

SBU spesialis adalah Contoh SBU yang dikeluarkan badan usaha badan usaha dengan spesialisasi tertentu yang perlu sertifikasi khusus. Contohnya dalam bidang kesehatan, dan sebagainya.  

Nah, SBU inilah yang jadi syarat mutlak harus dimiliki perusahaan jasa konstruksi atau perusahaan jasa konsultan agar bisa memperoleh Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

Syarat Pembuatan SBU Terbaru

Untuk melakukan cara membuat SBU Konstruksi 2022, ada beberapa syarat SBU 2022 terbaru yang harus dipenuhi sebagai berikut ini:

1. Syarat SBU Konstruksi 2022

  • Data Badan Usaha seperti (Nama, Npwp, No.Telp, Email )
  • Data PIC ( Nama, Npwp, No.Telp, Email )*PB-Umku
  • Data Pemegang Saham
  • Akta Pendirian & SK Kumham
  • Akta Perubahan Terakhir
  • NPWP Badan Usaha
  • Pas Photo bagian Penanggung Jawab Badan Usaha
  • NIB (RBA) KBLI 2020
  • BSAT & BOQ / RAB / MPU
  • Akun OSS

2. Syarat Tenaga Kerja PJT dan PJK

  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak dan Lampiran Daftar Tenaga Kerja Konstruksi (PJT BU,PJSK BU)
  • Sertifikat Keahlian yang disesuaikan dengan Kualifikasi dan Subklasifikasi Pemohon

3. Syarat Keuangan SBU 2022

  • Neraca Keuangan (Kualifikasi Kecil)
  • Akuntan Publik 2 Tahun Terakhir untuk Kualifikasi Menengah dan Besar

4. Syarat Data Alat SBU Terbaru 2022

  • Surat Pernyataan Badan Usaha untuk Pemenuhan Kepemilikan Peralatan Konstruksi (PKPK)
  • Surat Pernyataan Laik Pakai dari Badan Usaha (Kualifikasi Kecil)​
  • Bukti Kepemilikan
  • Hasil Pemeriksaan Pengujian
  • Foto Alat ( Depan Samping Belakang )
  • Foto Plat Nama Alat

5. Syarat ISO 9001 & 37001

  • Dokumen ISO 9001 tahun 2015, Surat Pernyataan Komitmen Pengurusan
  • Sertifikat ISO 9001 tahun 2015 (Sistem Manajemen Mutu) (SMM)
  • Surat Pernyataan Komitmen Pengurusan Dokumen ISO 37001:2016
  • Sertifikat ISO 37001 tahun 2016 untuk Sistem Manajemen Anti Suap

Dasar Hukum SBU

Munculnya pemberlakukan SBU 2022 terbaru, berikut ini dasar hukum SKK Konstruksi 2022:

  • PP No. 5 pada Tahun 2021 tentang Perizinan Perusahaan Berbasis Risiko Bagian Kesembilan
  • Surat Edaran Nomor 30/SE/M/2020 tentang Transisi Layanan Sertifikasi Badan USaha dan Sertifikasi Kompetensi Kerja Jasa Konstruksi

Manfaat SBU Jasa Konstruksi

Dalam praktiknya, mematuhi SBU 2022 terbaru juga memberi manfaat bagi perusahaan, seperti berikut ini:

  1. Bukti kompetensi Badan Usaha yang didasarkan pada klasifikasi dan kualitas yang sudah ditentukan
  2. Menjadi persyaratan Badan Usaha mengikuti tender atau lelang pemerintah maupun swasta
  3. Jadi syarat verifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi yang dilakukan pada sistem OSS sampai terbit sertifikat standar
  4. Jadi syarat badan usaha untuk melakukan joint venture atau KSO di bidang konstruksi

Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi

Dalam praktiknya, Badan Usaha Jasa Konstruksi harus memiliki izin konstruksi sesuai OSS sertifikat standar. Antara lain Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi (SKK Konstruksi 2022) terbaru,  Kartu Tanda Anggota Asosiasi Konstruksi (KTA), dan SBU terbaru.

Berdasarkan penjelasan pemberlakukan SBU 2022 terbaru di atas, Anda perlu memperhatikan daftar SBU. Terutama Anda yang memiliki badan usaha di bidang konstruksi atau konsultan. 

Segera Daftarkan Badan Usaha Bidang Jasa Konstruksi Anda!

Sekian pembahasan dan penjelasan lengkap terkait SBU konstruksi 2022serta cara melakukan pendaftaran dan perpanjangan SBU 2022. Silakan perhatikan klasifikasi dan kualifikasi SBU yang ingin anda ajukan kepada LPJK.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dengan mudah untuk melakukan pendaftaran pengajuan pembuatan SBU konstruksi 2022 dan perpanjangan SBU 2022. Yuk, segera daftarkan badan usaha bidang jasa konstruksi anda!

Lihat Juga : SBU Konsultan 2022

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram