Apa itu SBU? Sertifikat Badan Usaha (SBU) di berbagai bidang merupakan surat atau sertifikat yang menjadi bukti bahwa perusahaan layak menjalankan suatu usaha. Sesuai peraturan, perpanjangan SBU online 2022 harus dilakukan ketika masa berlakunya SBU hampir berakhir.

Lalu, apakah SBU lama masih berlaku? Bagaimana cara perpanjang Sertifikat Badan Usaha (SBU)? Informasi lebih lengkap tentang kebijakan perpanjangan SBU dan cara untuk memperpanjang masa berlakunya akan dibahas melalui artikel di bawah ini!

Kebijakan untuk Perpanjangan SBU Online 2022
Kebijakan untuk Perpanjangan SBU Online 2022

Kebijakan Baru untuk Perpanjangan SBU Online 2022

Sertifikat Badan Usaha (SBU) secara resmi dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) sebagai bukti profesionalisme kinerja suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya. SBU ini memiliki masa berlaku dan harus diperpanjang ketika masa berlakunya berakhir.

SBU berlaku sampai kapan? Pada umumnya SBU akan berlaku 3 tahun sejak tanggal penetapannya. Namun, sebelum proses perpanjangan SBU online 2022, perusahaan wajib melakukan registrasi ulang. Registrasi ini dilakukan pada tahun kedua dan ketiga sesuai tanggal yang tertera pada SBU.

Sejak tanggal 29 Desember 2021, Kementerian RI, PUPR, dan juga LPJK sepakat untuk bekerja sama dalam pembuatan pemberlakukan SBU dan SKK-K setelah selesainya masa transisi untuk periode 2021 hingga 2024.

Berdasarkan hal tersebut, surat Nomor BK 0401-Lk/13139 dikeluarkan oleh LPJK. Surat edaran tersebut berisi tentang beberapa hal penting tentang Peraturan SBU terbaru 2022, yaitu:

  • SBU dan SKK-K yang masih dalam proses perpanjangan atau permohonan perubahan oleh LPJK dinyatakan masih berlaku. Pemberlakuannya hingga tanggal 31 Juli 2022 yang tertayang di SIKI LPJK.
  • SBU dan SKK-K yang masih dalam proses perpanjangan atau perubahan oleh LSBU dan LSP masih berlaku. Pemberlakuannya hingga 31 Juli 20022. Namun, SBU dan SKK-K harus memenuhi kriteria persyaratan dokumen dengan lengkap dan mencantumkan bukti surat perjanjian sertifikasi.
  • Pengajuan permohonan untuk validasi kepada pihak LPJK dapat dilakukan melalui e-mail Sekretariat LPJK yaitu sekretariatlpjk@pu.go.id.
  • Keabsahan SBU dan SKK-K tersebut dapat dibuktikan dengan melakukan scan QR Code berisi nomor pencatatan SBU dan SKK. Scan QR dapat dilakukan menggunakan aplikasi LPJK Scanner atau aplikasi Jakontrust.

Syarat dan Cara Perpanjangan SBU Online 2022

Bagaimana cara memperpanjang SBU? Permohonan perpanjangan SBU sebaiknya dilakukan sebelum masa berlakunya SBU berakhir. Anda harus melengkapi semua dokumen yang diperlukan dalam pengurusan perpanjangan masa berlakunya SBU.

Berikut ini beberapa Syarat pengurusan SBU untuk perpanjangan, yaitu:

  • Formulir permohonan registrasi SBU
  • Formulir administrasi
  • Formulir tenaga kerja SDM
  • Permohonan klasifikasi & kualifikasi
  • Surat pernyataan badan usaha
  • Surat pernyataan tanggung jawab mutlak
  • Surat pernyataan bukan PNS untuk PJBU, direksi, PJT, dan PJK
  • Data keuangan
  • Neraca perusahaan (ada materai)
  • Formulir data pengalaman pekerjaan
  • Formulir data pembagian pekerjaan
  • Kartu Tanda Anggota (KTA) asosiasi yang masih berlaku
  • Scan SBU yang dimiliki
  • NPWP perusahaan
  • Nomor Induk Berusaha
  • KTP dan NPWP dewan komisaris, pemegang saham, PJBU, dan dewan direksi
  • SKA/ SKT penanggung jawab teknik (PJT) dan Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK)
  • NPWP pemegang saham berbentuk badan usaha
  • Pas Foto PJBU berwarna
  • Akta pendirian perusahaan & SK Menkumham
  • Akta perubahan utama dan SK Menkumham
  • Akta perubahan pengurus terbaru
  • Bukti SPK/ kontrak, BAST, dan faktur pajak

Selain persyaratan utama di atas, Anda juga perlu melampirkan beberapa dokumen, yaitu:

  • BNRI akta pendirian perusahaan
  • Izin bagi penanam modal
  • Laporan keuangan 2 tahun terakhir
  • SPT PPh Badan 2 tahun terakhir
  • CV dan Ijazah tenaga ahli PJT dan PJK
  • Rincian bill of Quantity untuk pengalaman yang dipakai untuk dua atau lebih subklasifikasi.

Semua file atau dokumen persyaratan harus disimpan dalam bentuk PDF di dalam CD RW atau Flashdisk. Nantinya file tersebut dapat dikirimkan atau diantarkan langsung ke pihak terkait (kantor LPJK) untuk membantu mengurus perpanjangan SBU. Selain itu, bisa juga dikirimkan secara online melalui e-mail.

Waktu pengurusan atau proses perpanjangan SBU belum dapat dipastikan karena terkadang lebih cepat, tetapi kadang juga membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itu, sebaiknya pengajuan perpanjangan SBU segera dilakukan sebelum masa berlakunya habis.

Cara Pengunduhan Validasi Perpanjangan SBU

Setelah proses perpanjangan SBU online 2022 selesai diurus, Anda dapat mengunduh bukti validasi perpanjangan SBU online 2022. Bagaimana cara download bukti validasi perpanjangan tersebut? Tata caranya diatur oleh surat edaran Menteri PUPR Nomor 2 Tahun 2021.

Berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan untuk download bukti validasi perpanjangan SBU, yaitu:

  1. Anda hanya perlu membuka browser untuk masuk ke website LPJK.
  2. Setelah itu, silakan langsung pilih bagian “Badan Usaha”.
  3. Kemudian lanjutkan dengan memilih bagian “Cek Surat Keterangan Proses Badan Usaha”.
  4. Silakan langsung memasukkan “Nama” atau “NPWP” untuk mencari data milik Anda.
  5. Lanjutkan dengan menekan tombol “Search” agar data dapat dicari.
  6. Anda dapat memilih hasil pencarian yang sesuai.
  7. Kemudian pilih bagian “Cetak Surat Keterangan Proses” untuk mendapatkan bukti validasi perpanjangan SBU.

Kebijakan perpanjangan SBU online 2022 memang sedikit mengalami perubahan setelah melewati masa transisi. Pastikan untuk memenuhi semua syarat dan ketentuan untuk melakukan perpanjangan SBU. Pastikan juga untuk melakukan validasi proses perpanjangan SBU tersebut.

 

#SBU2022 #perpanjangan SBUonline2022

WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Rate this post
Daftar ISI
Hubungi Kami
1
Saya ingin membuat SKK, SBU & ISO