Sub Bidang SBU Konsultan / Daftar SBU Konsultan Terbaru

sub bidang sbu konsultan terbaru

SBU atau Sertifikat Badan Usaha adalah dokumen yang diperlukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi, termasuk jasa konsultan. SBU menunjukkan klasifikasi dan kualifikasi usaha yang sesuai dengan kemampuan perusahaan. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang sub bidang SBU konsultan dan sub bidang SBU konsultan terbaru 2024.

Apa itu SBU Konsultan?

SBU konsultan adalah SBU yang diberikan kepada perusahaan yang menyediakan jasa konsultasi di bidang konstruksi, seperti perencanaan, pengawasan, penataan ruang, dan konsultasi spesialis. SBU konsultan dibagi menjadi beberapa sub bidang, sesuai dengan jenis dan lingkup pekerjaan yang dilakukan. Sub bidang SBU konsultan dapat dilihat pada tabel berikut:

Umum

BIDANGKode KBLIJ U D U LSUB KLASIFIKASI
ARSITEKTUR (AR)71101JASA ARSITEKTURAL BANGUNAN GEDUNG HUNIAN & NON HUNIANAR001
71101JASA ARSITEKTURAL LAINNYAAR002
74120JASA DESAIN INTERION PADA BANGUNAN GEDUNG & BANGUNAN SIPILAR003
REKAYASA (RK)71102JASA REKAYASA KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG HUNIAN & NON HUNIANRK001
71102JASA REKAYASA PEKERJAAN TEKNIK SIPIL SUMBER DAYA AIRRK002
71102JASA REKAYASA PEKERJAAN TEKNIK SIPIL TRANSPORTASIRK003
71102JASA REKAYASA PEKERJAAN MEKANIKAL DALAM BANGUNANRK004
71102JASA REKAYASA LAINNYARK005
REKAYASA TERPADU (RT)70209JASA PELAYANAN STUDI INVESTASI INFRASTRUKTURRT001
71102JASA REKAYASA KONSTRUKSI PEMBANGKIT, JARINGAN TRANSMISI, GARDU INDUK &DISTRIBUSI TENAGA LISTRIKRT002
71102JASA REKAYASA KONSTRUKSI PROSES INDUSTRIAL, PRODUKSI & FASILITAS PRODUKSIRT003
ARSITEKTUR LANDSKAP & PERENCANAAN WILAYAH (AL)71101JASA PENGEMBANGAN PEMANFAATAN RUANGAL001
71101JASA PENGEMBANGAN WILAYAHAL002
71101JASA PENGAMBANGAN PERKOTAANAL003
71101JASA PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BANGUNAN & LANSKAPAL004

Apa itu Sub Bidang SBU Konsultan Terbaru 2024?

Sub bidang SBU konsultan terbaru 2024 adalah sub bidang SBU konsultan yang mengalami perubahan atau penambahan sesuai dengan kebijakan LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) yang berlaku mulai tahun 2024. Sub bidang SBU konsultan terbaru 2024 bertujuan untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, kebutuhan pasar, dan standar kualitas jasa konsultan.

Demikianlah penjelasan tentang sub bidang SBU konsultan dan sub bidang SBU konsultan terbaru 2024. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang SBU konsultan. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengurus SBU konsultan, Anda dapat menghubungi kami di skaskt.co.id do tombol chat whatsapp di samping. Terima kasih.

FAQ

  • Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang sub bidang SBU konsultan, beserta jawabannya:

    Q: Bagaimana cara mengurus SBU konsultan?

    A: Cara mengurus SBU konsultan adalah dengan mengajukan permohonan tertulis kepada LPJK atau lembaga badan usaha terakreditasi, dengan melampirkan dokumen administratif dan teknis yang dibutuhkan, seperti akta pendirian, NPWP, NIB, SKA, SKT, dan lain-lain. Selain itu, perusahaan juga harus membayar biaya pendaftaran dan biaya sertifikat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Q: Berapa lama masa berlaku SBU konsultan?

    A: Masa berlaku SBU konsultan adalah 3 tahun sejak tanggal diterbitkan. Setelah masa berlaku habis, perusahaan harus melakukan perpanjangan SBU konsultan dengan mengikuti prosedur yang sama seperti pengajuan awal.

    Q: Apa saja sanksi jika tidak memiliki SBU konsultan?

    A: Sanksi jika tidak memiliki SBU konsultan adalah tidak dapat mengikuti tender proyek konstruksi yang membutuhkan SBU konsultan sebagai salah satu persyaratan. Selain itu, perusahaan juga dapat dikenakan sanksi administratif, seperti teguran, pembekuan, pencabutan, atau pencatatan hitam oleh LPJK atau lembaga badan usaha terakreditasi.

    Q: Apa bedanya SBU konsultan dengan SIUJK?

    A: SBU konsultan adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh LPJK atau lembaga badan usaha terakreditasi, sedangkan SIUJK adalah surat izin usaha jasa konstruksi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. SBU konsultan menunjukkan klasifikasi dan kualifikasi usaha jasa konsultan, sedangkan SIUJK menunjukkan kewenangan usaha jasa konstruksi. Kedua dokumen ini sama-sama diperlukan oleh perusahaan jasa konsultan untuk mengikuti tender proyek konstruksi.

WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
5/5 - (6 votes)
Hubungi Kami
1
Saya ingin membuat SKK, SBU & ISO
Hubungi Kami
1
Saya ingin membuat SKK, SBU & ISO