Cara Cek SKK Online dan Konstruksi: Panduan Lengkap untuk Verifikasi Sertifikat SKK

Cara Cek SKK Online dan Konstruksi Panduan Lengkap untuk Verifikasi SKK

CEK SKK – Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) adalah bukti formal tentang keterampilan dan kemampuan seseorang dalam suatu bidang pekerjaan. SKK menjadi penting untuk menunjukkan kompetensi yang dimiliki oleh individu di dunia kerja. Jika Anda mencari informasi tentang SKK dan ingin memverifikasi keaslian sertifikat tersebut, Anda telah berada di tempat yang tepat.

Cara CEK Sertifikat SKK Secara Online

Salah satu cara yang praktis dan efisien untuk memeriksa keabsahan SKK adalah melalui proses cek SKK online. Dengan demikian, Anda dapat mengonfirmasi apakah sertifikat yang dimiliki seseorang benar-benar valid dan dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan cek SKK online:

screenshot cek skk

Cara Pertama

Anda dapat mengakses data SKK (Sertifikat Keahlian Konstruksi) melalui website resmi LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) di tautan berikut: https://lpjk.pu.go.id/bank-data/Data/data_skk_terbit_lsp.

Di sana, Anda akan menemukan informasi mengenai pemegang sertifikat SKK.

Untuk mencari data SKK yang diinginkan, Anda perlu memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau nomor KTP, atau nama lengkap pemegang sertifikat SKK. Jika Anda ingin melakukan pencarian berdasarkan NIK, pilihlah tombol NIK. Jika Anda ingin melakukan pencarian berdasarkan nama, pilihlah tombol Nama.

Setelah Anda memasukkan data yang sesuai, klik tombol SEARCH untuk memulai pencarian. Hasilnya akan ditampilkan di bagian bawah halaman, lengkap dengan informasi mengenai jabatan kerja, jenjang SKK, LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Penerbit SKK, tanggal penetapan, dan tanggal berlaku sertifikat SKK.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat melihat data pemegang sertifikat SKK yang Anda cari melalui website resmi LPJK.

Cara Kedua

jika SKK tersebut tidak valid atau tidak ditemukan dalam database lembaga terkait, Anda akan menerima pemberitahuan yang sesuai.

Selain cek SKK secara online, ada juga metode verifikasi yang spesifik untuk SKK konstruksi. SKK konstruksi adalah sertifikat kompetensi kerja yang mengonfirmasi keterampilan dan pengetahuan seseorang dalam bidang konstruksi.

Jika Anda ingin memverifikasi SKK konstruksi, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Hubungi atau kunjungi lembaga yang menerbitkan SKK konstruksi. Ini bisa berupa lembaga pelatihan atau penyedia sertifikat yang terkait dengan industri konstruksi.

2. Sampaikan informasi yang diperlukan kepada petugas atau pihak yang bertanggung jawab. Biasanya, Anda perlu memberikan nomor sertifikat, nama lengkap, dan mungkin juga informasi tambahan seperti tanggal penerbitan sertifikat.

3. Petugas atau pihak yang berwenang akan memeriksa keabsahan SKK konstruksi dengan memeriksa data di sistem mereka. Jika SKK tersebut valid, Anda akan diberikan konfirmasi yang sesuai.

Penting untuk mencatat bahwa proses verifikasi SKK dapat bervariasi tergantung pada lembaga atau institusi yang menerbitkan sertifikat tersebut. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh lembaga terkait atau menghubungi mereka langsung jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memeriksa keabsahan SKK secara online dan melakukan verifikasi khusus untuk SKK konstruksi.

Memastikan sertifikat kompetensi kerja yang Anda miliki atau yang dimiliki oleh orang lain valid adalah langkah penting untuk membangun kepercayaan di dunia kerja dan memastikan pengakuan yang pantas atas keterampilan dan keahlian yang dimiliki.

WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
5/5 - (351 votes)
Daftar ISI
Hubungi Kami
1
Saya ingin membuat SKK, SBU & ISO