Syarat, Biaya, dan Cara Daftar SKK Konstruksi 2024

Daftar SKK Konstruksi – Bekerja dalam bidang konstruksi membutuhkan sertifikat keahlian. Sertifikat ini wajib dimiliki dengan cara daftar SKK Konstruksi. Untuk mendaftar, membutuhkan syarat dan ketentuan berlaku dengan tahapan tertentu.

Sebetulnya pengertian SKK Konstruksi dan fungsinya untuk apa saja? Agar lebih memahami tentang SKK bisa lanjutkan membaca dalam artikel berikut ini.

Daftar SKK Konstruksi

Apa itu SKK Konstruksi?

Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) merupakan kepanjangan SKK konstruksi. Adapun SKK Konstruksi adalah sebuah sertifikat pengakuan keterampilan atau kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kerja konstruksi. Untuk mendapatkannya, perlu lulus uji kompetensi terlebih dahulu.

Berbagai hal yang perlu diketahui tentang daftar SKK 2024 di antaranya sebagai berikut:

1. Pembaharuan Nama

Sebetulnya SKK Konstruksi adalah pembaharuan nama dari dokumen Sertifikat Keahlian (SKA) dan Sertifikasi  Keterampilan (SKT). Perubahan berdasarkan Surat Edaran Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) No. 30/SE/M/2020.

Isi dari surat edaran tersebut tentang transisi layanan sertifikasi badan usaha dan sertifikasi untuk daftar SKK Konstruksi dalam kompetensi kerja. Adanya perubahan sistem terkait pula guna peningkatan kelengkapan dari sistem baru sehingga lebih bagus.

2. Sebagai Syarat Pengajuan SBU

SBU atau Sertifikat Badan Usaha membutuhkan Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi dalam pengajuannya. Tanpa dokumen lengkap dari SKK Konstruksi maka pengajuan SBU tidak bisa dilakukan.

SBU sendiri penerbitannya oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi).

3. Terdapat 3 Klasifikasi dari SKK Konstruksi

Sertifikat kompetensi kerja (SKK) Konstruksi memiliki 3 klasifikasi dalam 9 jenjang. Klasifikasinya adalah:

  • Tingkat operator yang pernah menempuh pendidikan jenjang dasar, SMA atau SMK dan SMK plus.
  • Tingkat teknis atau analis dengan akademis minimal D1, D2 atau D3.
  • Tingkat ahli yang dapat memiliki sertifikasi SKK Konstruksi dengan kualifikasi pendidikan minimal S1.

Pada tingkatan tersebut setiap jenjang makin tinggi tanggung jawabnya. Pada kualifikasi tenaga ahli maka membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus dengan pengalaman mumpuni.

4. Ada Masa Berlaku

Kualitas SKK Konstruksi perlu ditingkatkan dan masa berlakunya adalah 5 tahun. Setiap 5 tahun wajib melakukan pembaharuan. Sehingga tidak terlambat dan sertifikat kompetensi keahlian dapat digunakan sebagai syarat dalam bekerja.

5. Peningkatan Kualitas

Dari SKK Konstruksi secara otomatis akan meningkatkan kualitas kerja. Pada  jenjang lanjutan memang peningkatan kualitas ini penting agar sumber daya manusia terus berkembang baik. Selain itu adanya sertifikasi menunjukkan keahlian yang dimiliki pekerja.

Maka tak heran jika banyak yang membutuhkan sertifikasi untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Untuk daftar SKK Konstruksi membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Bagaimana peraturan SKK konstruksi ini perlu diketahui dengan jelas agar prosesnya lancar dan tepat. Dengan demikian meminimalisir kekeliruan data dalam proses pengajuan SKK Konstruksi.

Syarat SKK Konstruksi 2024

Apa syarat yang dibutuhkan dalam pembuatan SKK Konstruksi 2024? Agar lebih praktis dan saat membutuhkan telah ada, dokumen yang perlu disiapkan yaitu:

  • KTP atau kartu identitas diri
  • NPWP
  • Pas foto terbaru
  • Ijazah pendidikan akhir dengan melakukan scan
  • Referensi kerja berupa surat keterangan dari tempat kerja dimana bernaung
  • Alamat email aktif. Jika belum memiliki email lebih baik membuat terlebih dahulu
  • Nomor telepon aktif yang paling mudah dihubungi

Syarat administrasi tersebut harus terpenuhi untuk pengajuan untuk daftar SKK Konstruksi 2024. Pendidikan juga menjadi salah satu syarat mutlak tidak boleh diabaikan begitu saja dalam setiap jenjangnya.

Dengan mengetahui klasifikasi sertifikasi kerja maka ijazah menjadi hal penting karena terdapat syarat minimal pendidikan akademis bagi sertifikat level tenaga konstruksi.

Setelah mengetahui syarat untuk pengurusan SKK konstruksi selanjutnya tentang kebijakan baru terkait SKK Konstruksi ini. Kebijakan memberi kemudahan untuk para pekerja yang menginginkan sertifikasi.

Syarat SKK Konstruksi 2024

Terdapat perubahan untuk pembuatan sertifikat kompetensi konstruksi pada tahun 2024. Perubahan dengan berbagai ketentuan baru dan perlu mengetahui jika ingin mendapatkan sertifikat kerja konstruksi.

Kebijakan dengan perubahan sesuai surat edaran nomor 05/SE/M/2022. Surat edaran tersebut menggantikan surat edaran nomor 03/SE/2022. Dengan adanya surat edaran resmi maka ada beberapa kebijakan perubahan yang berhubungan dengan daftar SKK Konstruksi, yaitu:

1. Pencatatan SKK Konstruksi

Pencatatan SKK Konstruksi terbaru untuk 2022 sesuai kegiatan terbaru oleh LPJK. Akan tetapi tetap membutuhkan proses dan jika saat pencatatan masih dalam proses dan belum dapat PTUK, maka SKK akan berlaku sampai dengan 31 Desember 2022.

Perpanjangan tersebut secara otomatis sehingga tenaga kerja tidak memerlukan proses lanjutan. Hal ini untuk melanjutkan proses sebelumnya yang masih belum selesai pencatatan.

Contoh sertifikat kompetensi kerja konstruksi misalnya saja khusus SKK arsitek. Jika sertifikat keahlian tersebut habis masanya per 7 Desember 2021 maka dapat memperoleh perpanjangan secara otomatis.

Namun, tetap sudah dikonversi menjadi surat tanda registrasi arsitek lebih dahulu.

Pengajuan untuk daftar SKK Konstruksi 2024 juga ada peraturan baru yaitu pembuatan sertifikat kompetensi online. Semua proses melalui online sehingga memudahkan bagi tenaga kerja yang memang kompeten dalam bidangnya.

Pengajuan permohonan SKK konstruksi yang dimaksud melalui portal perizinan PUPR. Kebutuhan SKK Konstruksi sangat penting karena hubungannya dalam pembuatan SBU atau Sertifikat Badan Usaha.

Dengan kepemilikan sertifikat SKK konstruksi untuk para ahli yang bekerja sesuai bidangnya, maka SBU dapat diajukan dengan syarat dan ketentuan berlaku. Kemudian melanjutkan dengan gabung pada asosiasi terkait dan pendaftaran ajauan secara online gratis.

2. Kriteria SKK Perpanjangan

Jika SKK masa berlaku sampai tanggal 7 Desember 2022 sudah habis maka akan diperpanjang otomatis. Kriteria SKK ini sesuai dalam surat edaran pada 2022 dengan catatan SKK telah memasuki masa transisi akhir. Sebelumnya juga telah diproses lewat LSP atau PTUK.

3. Kriteria Perpanjangan SKK Arsitek

Biaya Pembuatan SKK Konstruksi

Berapa besaran biaya pembuatan SKK Konstruksi? Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan SKK Konstruksi berada pada Kisaran Rp.900.000 hingga Rp. 8.150.000. Namun, jangan lupa bahwa biaya tersebut belum termasuk akomodasi jika tidak ada TUK (Tempat Uji Kompetensi) di provinsi pemohon SKK.

Meskipun lebih murah jika anda mengurus proses pembuatan sendiri, namun proses tersebut akan lebih rumit dan memerlukan waktu yang lebih lama. Solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan jasa pembuatan SKK Kosntruksi, yang akan mempermudah anda dalam hal pengurusan SKK konstruksi untuk Pribadi dan Perusahaan Anda.

Jangan khawatir, di https://skaskt.co.id kami siap membantu anda dalam pembuatan SKK Konstruksi. Kami telah membantu lebih dari 15000 orang dan Perusahaan untuk mendapatkan SKK dan SBU Konstruksi. Segera hubungi kami dan dapatkan bantuan yang anda butuhkan.

Berikut adalah penjelasan mendalam mengenai setiap jenjang SKK, termasuk deskripsi, contoh pekerjaan yang relevan, dan estimasi biaya:

1. Biaya SKK Jenjang 1 (Operator & Tukang)

Deskripsi: Jenjang ini mempersiapkan individu untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi sederhana di bawah pengawasan langsung.
Contoh Pekerjaan: Tukang batu, tukang kayu, tukang besi, tukang cat, operator alat bantu sederhana.
Biaya: Rp 1.200.000 – Rp 1.500.000

2. Biaya SKK Jenjang 2 (Operator & Tukang)

Deskripsi: Mengarahkan individu untuk melaksanakan tugas konstruksi yang lebih kompleks dengan pengawasan minimal.
Contoh Pekerjaan: Juru Gambar Bangunan Gedung.
Biaya: Rp 1.300.000 – Rp 1.600.000

3. Biaya SKK Jenjang 3 (Operator & Tukang)

Deskripsi: Menyiapkan individu untuk menangani proyek konstruksi yang rumit dengan tingkat pengawasan terbatas.
Contoh Pekerjaan: Juru Gambar Bangunan Gedung, Juru Gambar Pekerjaan Jalan dan Jembatan.
Biaya: Rp 1.400.000 – Rp 1.700.000

4. Biaya Jenjang 4 (Teknisi)

Deskripsi: Merupakan langkah untuk individu yang ingin mengawasi aspek keselamatan dan kesehatan kerja dalam proyek konstruksi.
Contoh Pekerjaan: Personil Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Biaya: Rp 1.500.000 – Rp 1.800.000

5. Biaya SKK Jenjang 5 (Teknisi)

Deskripsi: Memungkinkan individu untuk memainkan peran penting dalam pengawasan proyek konstruksi yang melibatkan infrastruktur masyarakat.
Contoh Pekerjaan: Supervisor K3 Konstruksi, Fasilitator Teknis Dalam Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat.
Biaya: Rp 1.600.000 – Rp 1.900.000

6. Biaya SKK Jenjang 6 (Teknisi / Analis)

Deskripsi: Menyediakan keterampilan dalam analisis dan pemahaman mendalam tentang proses konstruksi.
Contoh Pekerjaan: Quality Assurance Engineer, Estimator Biaya Jalan.
Biaya: Rp 1.700.000 – Rp 2.000.000

7. Biaya SKK Jenjang 7 (Ahli Muda)

Deskripsi: Mempersiapkan individu untuk memimpin proyek konstruksi kecil dan menangani pekerjaan teknis yang kompleks.
Contoh Pekerjaan: Ahli Muda Pelaksana Teknik Plumbing, Ahli Muda Pesawat Lift dan Eskalator.
Biaya: Rp 3.000.000 – Rp 3.500.000

8. Biaya SKK Jenjang 8 (Ahli Madya)

Deskripsi: Memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memimpin proyek konstruksi menengah dengan keahlian yang mendalam.
Contoh Pekerjaan: Ahli Madya Bidang Keahlian Teknik Mekanikal, Ahli Madya Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung.
Biaya: Rp 4.500.000 – Rp 5.000.000

9. Biaya SKK Jenjang 9 (Ahli Utama)

Deskripsi: Mengarahkan individu untuk merumuskan kebijakan dan strategi dalam proyek konstruksi besar.
Contoh Pekerjaan: Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung, Ahli Perawatan Bangunan Gedung.
Biaya: Rp 7.000.000 – Rp 10.000.000

Catatan: Estimasi biaya dapat bervariasi tergantung pada lembaga pelatihan dan lokasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang SKK serta langkah-langkah pendaftaran, silakan hubungi kami melalui tombol whatsapp dikanan bawah website ini.

Cara Daftar SKK Konstruksi 2024

Cara mendapatkan sertifikat kompetensi kerja dengan akses secara online untuk melakukan pengajuan. Sistem online akan memudahkan karena dapat melakukan dimanapun lewat komputer atau android selama ada koneksi internet.

Syarat seperti data pribadi, NPWP dan telah disebutkan sebelumnya siapkan secara lengkap. Adapun surat sah membutuhkan tanggal pembuatan dan penguatan dengan materai. Jangan lupa untuk membuat berita acara verifikasi dan surat self assessment.

Adapun tahapan untuk daftar SKK Konstruksi selengkapnya yaitu:

Baca juga : SBU terbaru 2022

1. Buka Situs Resmi

Buka dan masuk situs LPJKN/ LPJK. Jika telah masuk maka akan muncul  beberapa opsi, pilih opsi pembuatan SKK.

2. Isi Data

Selanjutnya isi data sesuai dengan form yang terdapat dalam halaman tersebut. Isi dengan benar sehingga tidak ada kesalahan data.

3. Kirim Scan Dokumen

Cara mendapatkan SKK Konstruksi berikutnya dengan kirim scan file. Unggah scan dokumen agar kebutuhan data valid. Scan diminta melalui email aktif.

4. Menunggu Balasan Email

Jika dokumen telah berhasil masuk maka akan mendapatkan balasan email dari LPJK. Dalam email terdapat pemberitahuan tentang SKK yang tengah dalam proses.

5. Pemberitahuan SKK Berhasil

Setelah melalui proses secara online maka ada pemberitahuan email apabila SKK telah berhasil diterbitkan. Email resmi melalui LPJKN. Selain itu pihak resmi mengirimkan scan SKK yang telah terdaftar.

Sebelumnya untuk daftar SKK Konstruksi pastikan terlebih dahulu akun benar-benar telah terdaftar pada situs resminya. Dengan demikian proses akan berjalan lancar sesuai ketentuan berlaku.

Jika salah satu data tidak valid maka proses akan terhenti guna memenuhi data tersebut.

Begitulah cara daftar SKK konstruksi secara online. Namun, bagaimana jika pekerjaan banyak dan sangat sibuk? Jangan khawatir karena ada layanan jasa pembuatan SKK konstruksi yang terpercaya dan amanah.

Keuntungan Daftar SKK Konstruksi Melalui Jasa Layanan Terpercaya

Kesibukan bukan alasan karena selalu ada saja solusi untuk pembuatan SKK konstruksi terpercaya dan terbaik. Kemana lagi kalau bukan SKASKT.CO.ID dengan berbagai keunggulan luar biasa. Biaya pembuatan SKK Konstruksi juga terjangkau dan murah.

Contoh sertifikat kompetensi kerja dengan biaya tertentu berdasarkan jenjang kategorinya. Yaitu mulai dari 2  juta rupiah untuk jenjang 4 dan 5, 2,5 juta rupiah untuk jenjang 6 hingga 7 juta rupiah untuk jenjang 9.

Harga tersebut sangat wajar bahkan cenderung terjangkau untuk kalangan yang membutuhkan. Terlebih lagi bagi yang membutuhkan dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu.

Adapun sertifikasi khusus dapat konsultasikan terlebih dahulu pada pihak jasa layanan yang sangat responsif. Keuntungan lain jika menggunakan jasa layanan pembuatan sertifikasi terpercaya, cek contoh berikut:

1. Hemat Waktu

Tak perlu repot mengurus berbagai hal dan proses yang membutuhkan waktu. Semua akan tertangani dengan baik oleh ahlinya secara taktis dan cepat dan waktu tidak terbuang percuma.

2. Praktis

Lebih praktis karena anti ribet dan fokus pada sertifikasi tersebut. Dengan demikian proses bisa berlangsung cepat dan dilaksanakan secara tepat.

3. Murah

Harga untuk daftar SKK konstruksi yang ditawarkan terjangkau. Bisa cek pada detail harga sebelumnya sesuai kriteria dan kebutuhan. Jika membutuhkan sertifikasi khusus bisa konsultasikan terlebih dahulu.

4. Aman

Keamanan data dan pengerjaan akan diurus dengan baik oleh tim dan ahlinya. Tak perlu khawatir akan kebocoran data karena pihak jasa layanan tidak sembarangan untuk mengurus sertifikasi SKK Konstruksi.

Bayangkan saja jika harus mengurusnya sendiri dengan syarat yang belum terpenuhi walau gratis maka prosesnya malah tidak praktis. Dengan menggunakan jasa layanan waktu tidak terbuang percuma karena dilakukan oleh ahli yang pandai mengurusnya.

Jasa layanan kami telah terpercaya selama 10 tahun lebih menangani berbagai pengurusan sertifikasi dan data aman terpercaya. Selain itu fokus pada layanan yang ditawarkan.

Untuk SKK Konstruksi jika ada syarat yang belum terpenuhi akan dibantu pihak jasa layanan. Kinerja profesional dengan tim berpengalaman dalam masalah kepengurusan berbagai sertifikat.

Kesimpulan

Kebutuhan akan sertifikasi dalam keahlian tertentu sangat penting untuk peningkatan kualitas kinerja dan perusahaan. Membutuhkan waktu dan tenaga yang tak sedikit jika mengurusnya secara mandiri dan prosesnya juga tidak mudah.

Untuk lebih praktis bisa daftar SKK Konstruksi melalui layanan jasa ke https://www.skaskt.co.id/. Selain terpercaya dan berpengalaman, pengerjaan profesional, responsif dengan biaya pembuatan terjangkau dan dapat konsultasi terlebih dahulu.

WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
5/5 - (104 votes)
Hubungi Kami
1
Saya ingin membuat SKK, SBU & ISO
Hubungi Kami
1
Saya ingin membuat SKK, SBU & ISO