Pembuatan SBU Baru 2022: Cara dan Persyaratan - Jasa Pembuatan SKA & SKT, SBU, ISO, ONLINE LPJK
Halo, ada yang bisa dibantu?
Form Order

Pembuatan SBU Baru 2022: Cara dan Persyaratan

shape image

Pembuatan SBU Baru 2022: Cara dan Persyaratan

Konten [Tampil]


Setiap pengusaha di tanah air pasti harus memiliki kelengkapan dokumen yang bersifat legal untuk menjalankan semua aktivitas usahanya. Salah satu kelengkapan dokumen tersebut adalah SBU. Oleh karena itu di artikel ini akan dibahas segala hal tentang pembuatan SBU baru 2022.

Bagi para pengusaha kepemilikan SBU ini memang sangat penting sekali. Karena salah satu syarat untuk terlibat dengan proyek tender milik pemerintah adalah memiliki SBU. Lantas bagaimana cara dan syarat pembuatan SBU baru 2022 itu?



Apakah Itu SBU?

Istilah SBU berasal dari kepanjangan Sertifikat Badan Usaha. Sertifikat ini merupakan semacam tanda bukti formal atas sebuah perusahaan konstruksi untuk dapat mengikuti kegiatan lelang pada proyek yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

Bentuk fisik SBU adalah sebuah sertifikat kepemilikan atas suatu kompetensi, yang dikeluarkan oleh LPJK PUPR. Melalui lembaga LPJK PUPR ini jugalah Sertifikat Keahlian (SKA) / Sertifikasi Kerja Konstruksi (SKK) dikeluarkan.

SBU ini sendiri memiliki sub bidang yang sangat beragam. Sub bidang tersebut akan disesuaikan dengan klasifikasi golongan bidang usaha jasa konstruksi yang dijalankan oleh sebuah perusahaan.

Mengapa Perusahaan Harus Memiliki SBU?

Sertifikat Badan Usaha ini memiliki banyak fungsi sehingga keberadaannya menjadi wajib bagi semua pengusaha di bidang jasa konstruksi. Secara detail berikut fungsi dari sertifikat badan usaha tersebut.

1. Bukti Memiliki Kompetensi

SBU adalah sebuah tolak ukur untuk menilai apakah sebuah perusahaan di bidang jasa konstruksi memiliki kemampuan sesuai dengan kualifikasi serta klasifikasinya. Tolak ukur ini diterapkan di tanah air baik untuk menilai kemampuan perusahaan asing maupun lokal.

2. Sebagai Persyaratan IUJK

SBU adalah persyaratan hukum di sektor jasa konstruksi. Artinya semua perusahaan konstruksi yang beroperasi di tanah air harus melakukan pembuatan SBU baru 2022 untuk mengantongi Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK).

3. Sebagai Syarat Kualifikasi Tender

Jika sebuah perusahaan ingin bergabung pada proyek konstruksi khusus milik pemerintah, maka perusahaan tersebut harus ikut pra-kualifikasi. Nah salah satu syarat pra-kualifikasi yang diminta adalah Sertifikat Badan Usaha (SBU).

Apabila perusahaan konstruksi mampu menunjukkan bukti otentik kompetensinya, maka perusahaan akan berhak ikut mengerjakan mega proyek yang ada.

4. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Memiliki Sertifikat Badan Usaha artinya perusahaan konstruksi tersebut dinilai memiliki kompetensi sesuai kualifikasi dan klasifikasi.

Adanya pengakuan ini tentu akan memudahkan perusahaan saat akan melakukan kerjasama dengan perusahaan lainnya karena kredibilitasnya tak perlu dipertanyakan.

5. Sebagai Penentu Tarif PPh

Besarnya nilai pajak penghasilan jasa konstruksi yang harus disetor oleh perusahaan dihitung dari klasifikasi perusahaan yang terdapat di dalam SBU.

Apabila sebuah perusahaan jasa konstruksi tak memiliki SBU maka tarif pajak yang dikenakan akan dihitung menggunakan PPh perseorangan normal yang pasti memiliki nilai tarif yang lebih besar.

Jenis-jenis Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Di bawah ini ada beberapa jenis Sertifikat Badan Usaha pada pembuatan SBU baru 2022, antara lain sebagai berikut:

1.  SBU Jasa Konstruksi

SBU yang pertama adalah SBU Jasa Konstruksi. Jenis SBU ini adalah jenis SBU yang paling banyak diharapkan untuk dimiliki oleh perusahaan jasa konstruksi.

Mengapa? Karena seperti yang sempat disinggung di atas jika sebuah perusahaan ingin dapat masuk ke dalam tender mega proyek milik pemerintah, maka harus memiliki jenis SBU yang satu ini.

2.  SBU Konsultan Konstruksi

Sesuai namanya, jenis SBU Konsultan Konstruksi ini akan diberikan pada seseorang atau perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi konstruksi.

Jasa konsultasi konstruksi di sini meliputi konsultasi manajemen proyek, konsultasi keuangan, konsultasi tata kelola atau jenis konsultasi lainnya asal masih berkaitan dengan bidang konstruksi.

3.  SBU Konsultan Non-Konstruksi

SBU Konsultan Non-Konstruksi ini diberikan bagi individu atau perusahaan penyedia jasa konsultasi yang bergerak di bidang selain konstruksi. Misalnya perusahaan konsultan di bidang bisnis dan finansial.

4.  SBU Spesialis

SBU Spesialis diberikan bagi perusahaan yang bergerak di bidang dimana diperlukan sertifikasi khusus. Yang dimaksud di sini adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan.

Lembaga Penerbit SBU

SBU dikeluarkan oleh siapa? Jadi pihak yang mengeluarkan SBU adalah sebuah lembaga non pemerintah yang bernama Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Nantinya pada saat proses pembuatan SBU baru 2022 ini dilakukan, LPJK akan bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU). Sistem pembuatan SBU akan memakai sistem OSS (Online Single Submission).

Masa berlaku pembuatan SBU baru 2022 masih sama dengan SBU versi lama, yaitu selama tiga tahun semenjak tanggal ditetapkan sertifikat usaha tersebut. Nantinya setiap tahun kedua dan ketiga, perusahaan harus registrasi ulang.

Nah setelah masa berlaku SBU telah habis, barulah perusahaan wajib melakukan perpanjangan pembuatan SBU baru 2022, dimana hal tersebut harus dilakukan sebelum masa berlaku yang terdapat di sertifikat habis.

Untuk peraturan yang mengatur pembuatan SBU baru 2022 terdapat di dalam surat edaran PUPR mengenai SBU 2022.

Apa Sajakah Syarat Pembuatan SBU?

Jika saat ini Anda akan melakukan pengurusan SBU, maka perhatikanlah syarat pembuatan SBU baru 2022 yang sangat berbeda dengan persyaratan yang ditetapkan di tahun-tahun sebelumnya, yaitu:

       Data dari Badan Usaha. Data ini meliputi nama perusahaan, nomor NPWP, nomor telepon yang masih aktif serta alamat email.

       Data dari PIC perusahaan yang meliputi, nama, nomor NPWP, email aktif serta nomor telepon yang digunakan.

       Data dari para Pemegang Saham.

       Akta Pendirian perusahaan & Akta Perubahan Terakhir (jika memang ada).

       Surat Keputusan Kumham.

       NPWP dari Badan Usaha.

       Pas photo dari PJBU atau Direktur dari perusahaan.

       NIB & BSAT

       Memiliki akun Online Single Submission atau OSS.

Cara untuk Pembuatan SBU 2022?

Bagi Anda yang akan melakukan pengurusan SBU, agar tak salah langkah berikut ini tahapan yang harus dilalui pada cara pembuatan SBU baru 2022, yaitu:

1. Mengurus Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi

Sebelum melakukan pembuatan SBU baru 2022, maka harus melakukan pengurusan Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi atau SKA. SKA ini adalah sebuah dokumen yang dapat menjadi bukti kompetensi dari tenaga ahli jasa konstruksi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

2. Melakukan Registrasi Keanggotaan Asosiasi

Setelah Anda selesai melakukan pengurusan Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi untuk Penanggung Jawab Teknik dan Penanggung Jawab Klasifikasi, maka tahapan berikutnya adalah melakukan pendaftaran ke asosiasi perusahaan jasa konstruksi.

Pastikan Anda melakukan pendaftaran ke asosiasi perusahaan jasa konstruksi yang sudah terakreditasi dan memiliki izin resmi beroperasi di Indonesia. Selain itu asosiasi tersebut juga harus terdaftar di LPJK.

Beberapa contoh asosiasi konstruksi antara lain adalah:

       GAPENRI (Gabungan Perusahaan Nasional Rancang Bangun Indonesia),

       AKI (Asosiasi Kontraktor Indonesia),

       AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia) atau AKBARINDO (Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia), dan lain lainnya.

Langkah pendaftaran asosiasi adalah sebagai berikut:

  1. Dapatkan informasi lengkap yang berkenaan dengan syarat serta ketentuan agar dapat bergabung menjadi anggota dari asosiasi perusahaan jasa konstruksi. 
  2. Jika informasi telah Anda dapatkan, maka segelaha untuk melengkapi persyaratan yang diminta.
  3. Setelah semua persyaratan lengkap, maka ajukanlah permohonan pendaftaran kepada asosiasi perusahaan jasa konstruksi sebagai anggota.

3. Pengajuan dan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha

Setelah resmi menjadi anggota asosiasi perusahaan jasa konstruksi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses pengajuan pembuatan SBU baru 2022 melalui sistem OSS (Online Single Submission). Berikut beberapa langkah melakukannya:

  1. Melalui mesin perambah, lakukan pendaftaran agar dapat memiliki akun OSS di halaman https://oss.go.id/.
  2. Setelah akun selesai dibuat, maka lakukanlah login.
  3. Kemudian lakukan pengisian data sebagai syarat pembuatan SBU Konstruksi. 
  4. Setelah proses input data selesai, maka secara otomatis OSS akan mengeluarkan Nomor Induk Berusaha. Namun NIB ini masih merupakan sertifikat standar yang belum dilakukan verifikasi.
  5. Langkah berikutnya OSS akan mengarahkan masuk ke portal perizinan PUPR guna proses SBU selanjutnya. Di tahapan ini silahkan pilih Lembaga Sertifikasi Badan Usaha yang akan membantu proses pengajuan SBU.
  6. Lengkapi persyaratan data serta dokumen yang diminta, kemudian lakukan upload pada sistem OSS agar Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi dapat memproses penomoran dan pencatatan SBU.
  7. Nah proses pun telah selesai, silahkan tunggu proses berjalan selama beberapa waktu sebelum SBU Jasa Konstruksi milik Anda diterbitkan.
  8. Jangan lupa selalu lakukan registrasi SBU secara rutin setiap tahunnya, serta melakukan  perpanjangan masa berlaku SBU setelah 3 tahun.

Besarnya Biaya Pengurusan SBU 2022?

Pertanyaan krusial berikutnya berkenaan dengan pembuatan SBU baru 2022 adalah berapakah besarannya? Perkiraan kasar, biaya pembuatan SBU yang baru ada di kisaran Rp 1.500.000 hingga Rp 16.000.000.

Nantinya besaran biaya yang muncul akan sangat tergantung pada beberapa faktor yang ada. Antara lain asosiasi perusahaan, jasa pembuatan SBU yang dipilih, kualifikasi perusahaan serta berbagai faktor lainnya.

Sebenarnya dengan melakukan pengurusan pembuatan SBU baru 2022 secara mandiri, maka biaya yang akan Anda keluarkan akan jauh lebih murah. Wajar saja karena Anda tak perlu untuk membayar ongkos jasa.

Akan tetapi konsekuensinya Anda harus melakukan semua proses panjang itu sendiri dimana akan dibutuhkan pengorbanan waktu dan tenaga yang tak sedikit.

Sebaliknya jika Anda menyerahkan pengurusan SBU kepada perusahaan penyedia jasa layanan pengurusan sertifikat, maka akan dapat menghemat waktu dan tenaga. Hanya saja Anda harus ekstra hati-hati untuk memilih penyedia jasa layanan yang baik dan profesional.


SKASKT.CO.ID

Adalah penyedia jasa layanan sertifikasi di bidang konstruksi yang telah memiliki pengalaman selama lebih dari 10 tahun. SKASKT.CO.ID adalah jalan keluar terbaik bagi Anda yang tak ingin ribet untuk melakukan pengurusan sertifikat badan usaha.

SKASKT.CO.ID akan selalu memberikan kepuasan dan layanan terbaik, karena memiliki sistem secara online. Semua data serta transaksi Anda akan aman bersama SKASKT.CO.ID yang menjalin kerjasama dengan para profesional di bidangnya.

Dengan pelayanan responsif, biaya terjangkau dan tanpa proses yang rumit, SKASKT.CO.ID akan menjamin keaslian sertifikat SBU yang diterbitkan atas nama perusahaan Anda.

Penasaran dan ingin tahu lebih lanjut? Silahkan kontak SKASKT.CO.ID melalui website resmi di www.skaskt.co.id atau melalui nomor telepon di 0822-6483-2145.

Atau bisa juga Anda langsung datang ke kantor SKASKT.CO.ID di Jalan H. Sutiono Nomor 7 Pekanbaru, Riau. Demikianlah uraian tentang pembuatan SBU baru 2022, semoga bermanfaat.

© Copyright 2014 Jasa Pembuatan SKA & SKT, SBU, ISO, ONLINE LPJK

Form Order

Whatsapp Apps Must be Installed in your Phone!.

Kirim Pesan