Apa perbedaan ISO 14000 dan ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan? Dapatkan jawabnya dalam artikel kami berikut ini. 

Tahukah Anda jika ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan sebagai sisi dari sertifikasi ISO? 

Di dunia usaha, Anda pasti mengenal dengan sertifikasi ISO. International Organization for Standarization atau ISO sebagai standard internasional dalam manajemen mutu yang dipakai untuk menghitung kualitas organisasi atau perusahaan. 

Untuk menghitung integritas perusahaan yang bersaing secara global, Ada peranan penting ISO didalamnya. Disamping itu, ISO berperanan dalam menaikkan mutu manajemen perusahaan. 

Ada berbagai macam tipe ISO dengan standard manajemen yang lain. Satu diantaranya ialah standard manajemen lingkungan. Pada standard manajemen lingkungan ini ada sertifikasi ISO 14000 dan ISO 14001. Apa perbedaan ke-2 sertifikasi ini? Baca pembahasan di bawah ini.

Ini dia Perbedaan ISO 14000 dan 14001
Ini dia Perbedaan ISO 14000 dan 14001

Mengenal ISO 14000

ISO 14000 adalah seperangkatan standard internasional di bagian manajemen lingkungan yang dibikin untuk membantu mengurangi sampah industri dan kerusakan lingkungan. Biarpun tidak diharuskan, mempunyai sertifikasi ini sebagai upaya untuk menambah efektifitas pengendalian lingkungan. 

ISO 14000 sebagai sertifikasi opsional yang bisa didapat oleh semua organisasi. Sertifikasi yang mengalami revisi pada tahun 2015 ini pertama kalinya dikenalkan oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) di tahun 1996. 

Arah kehadiran sertifikasi ini untuk membantu organisasi menangani imbas lingkungan dan capai target usaha yang ramah lingkungan. 

Disamping itu, tipe sertifikasi ini dapat juga dipakai sebagai alat marketing, yakni dengan mengikutsertakan customer yang sadar akan keutamaan jaga lingkungan. Sehingga bisa membantu organisasi di dalam meraih standard aturan lingkungan dalam perundang-undangan.

1. Siapakah yang Bisa Menerapkan ISO 14000?

Sertifikasi ISO 14000 bisa diimplikasikan oleh semua organisasi dari beragam sektor, ukuran, atau lokasi usaha dengan penyesuaian pada keperluan organisasi. Ada saatnya organisasi perlu memperlihatkan sertifikasi ini ke kepada pihak lain, seperti customer, partner usaha, masyarakat, investor, dan lain-lain. 

Penetapan sertifikasi ini mempunyai tujuan untuk memberitahukan ke kepada pihak yang terkait jika organisasi yang Anda urus sudah ikuti standard manajemen lingkungan yang berjalan. 

Seiring waktu berjalan, tingkat kepedulian beragam pihak terhadap keutamaan upaya konservasi lingkungan hidup yang makin tinggi. 

Hal inilah yang jadi satu diantara penggerak penetapan standard ISO di penjuru dunia. Disamping sebagai cara untuk menambah citra dan daya saing perusahaan, sertifikasi ini sebagai cara mengantisipasi bila customer atau partner usaha menanyakan sertifikasi itu.

2. Manfaat ISO 14000

  • Manfaat pengaplikasian ISO 14000 untuk organisasi, diantaranya:
  • Menaikkan citra dan performa lingkungan organisasi.
  • Meningkatkan ketaatan pada ketetapan ketentuan perundang-undangan pengendalian lingkungan.
  • Mengurangi resiko usaha.
  • Meningkatkan efektivitas pekerjaan, daya saing, komunikasi intern, dan jalinan baik dengan beberapa pihak yang memiliki kepentingan.
  • Membenahi manajemen organisasi.

Perihal ISO 14001

ISO 14001 sebagai seri dari ISO 14000. ISO 14001 merupakan sertifikasi standard internasional yang membantu mengontrol sistem manajemen lingkungan untuk perusahaan. Arah implementasi sertifikasi ini untuk menghindar resiko pencemaran lingkungan hidup oleh perusahaan.

1. Siapakah yang Bisa Menerapkan ISO 14001?

Aturan, proses, rencana, praktek, dan catatan yang mengatur perihal tata cara perusahaan berinteraksi dengan lingkungan ditata dalam sistem manajemen lingkungan atau dikenali sebagai EMS. Sistem ini bisa diterapkan untuk perusahaan atau industri manufacturing dengan kriteria hukum tepat dan interaksi lingkungan yang tepat.

2. Kegunaan ISO 14001

Implementasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan bisa membantu mengurangi imbas negatif perusahaan pada lingkungan sekitaran. Hingga terbentuk hubungan baik di antara perusahaan dengan konsumen, masyarakat umum, dan komunitas pencinta lingkungan.

Kegunaan lainnya dari sistem manajemen lingkungan yaitu membantu perusahaan untuk menghemat pengeluaran.

Karena dengan berkurangnya pengaruh negatif perusahaan, peluang perusahaan keluarkan anggaran tambahan sebagai pertanggungjawaban pada insiden juga semakin sedikit. Penghematan yang lain terjadi pada segi pemakaian bahan produksi dan energi.

Keuntungan akibat turunnya resiko lingkungan karena implementasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan untuk perusahaan, tidak sekedar berhenti di situ saja.

Tetapi, berpengaruh pada citra perusahaan yang lebih baik, meningkatnya kerja lingkungan, dan meningkatnya kepercayaan partner, customer, dan pihak yang lain.

Perbedaan ISO 14000 dan 14001 dalam Sistem Pengendalian Lingkungan

Pada dasarnya, ISO 14000 merupakan kelompok standard internasional dalam sistem manajemen lingkungan yang membantu perusahaan dan organisasi untuk meminimalisir imbas negatif pekerjaan organisasi atau proses bisnis terhadap lingkungan, menaati syarat perundang-undangan yang fokus pada manajemen lingkungan, dan pastikan jalannya perubahan yang sudah dilakukan oleh perusahaan atau organisasi itu berkesinambungan.

Sebagai dari seri 14000, ISO 14001 mempunyai peranan yang lebih kurang sama. Perbedaannya, ISO 14001 menyediakan pedoman untuk implementasi dan perbaikan EMS (Sistem Manajemen Lingkungan). 

EMS ini meliputi kegiatan rencana, susunan, praktek, proses, tanggung-jawab, dan sumber daya organisasi dalam pengembangannya, mengaplikasikan, mencapai, dan menjaga peraturan lingkungan. 

Dalam kata lain, sertifikasi ISO 14001 ialah sisi dari seri ISO 14000 yang sudah alami koreksi dan penyempurnaan.

Keutamaan Sertifikasi ISO

Ada beberapa alasan yang membuat Sertifikasi ISO 14000 mau pun ISO 14001 penting dimiliki oleh perusahaan. diantaranya:

Menambah Integritas Perusahaan

Perusahaan yang mengaplikasikan sistem manajemen kualitas akan menunjukkan integritas mereka di mata customer atau konsumen. Adanya standard kualitas ini, seandainya terdapat insiden tidak terduga atau suatu hal yang tidak dinginkan, jadi perusahaan bisa mengantisipasinya dengan cara tepat dan  terukur. Tindakan ini yang membuat perusahaan mendapatkan nilai positif dari konsumen.

Perusahaan Mempunyai Jaminan Kualitas Berstandar Internasional

Perusahaan harus lewat transisi PDCA untuk memperoleh standarisasi ISO. Transisi PDCA yang terbagi dalam analisis, analitis, dan eksekusi ini sebagai konsep internasional yang harus diaplikasikan dalam semua tipe industri . Maka, perusahaan yang mempunyai sertifikasi ISO sudah pasti mempunyai agunan kualitas berstandar Internasional.

Menghemat Cost Operasional Perusahaan

Perusahaan yang mengimplementasikan standard ISO tentu saja mempunyai sistem yang mengukur kemampuan perusahaan secara detail. Bila disinyalir terdapat kegagalan produksi atau kemampuan yang tak sesuai dengan standard, perusahaan bisa segera lakukan tindakan mengantisipasi hingga menghindari pemborosan biaya.

Memaksimalkan Performa Pegawai

Manajemen mutu yang dipraktekkan dalam sertifikasi ISO bukan hanya berlaku pada perlengkapan dan proses usaha saja. Tetapi, berlaku untuk semuanya pegawai di beberapa level posisi. Dengan begitu, pegawai bisa menjaga produktivitas dan performa sesuai dengan standard ISO.

Tingkatkan Reputasi Perusahaan

Dengan mengimplementasikan standard ISO, perusahaan tentu saja ingin memperoleh pengaruh positif, yakni penilaian yang lebih bagus dari konsumen dan masyarakat luas.

Training Sertifikasi ISO

Agar mengerti lebih lanjut mengenai standard sertifikasi ISO 14000 dan 14001 Sistem Manajemen Lingkungan, Anda bisa ikuti training di instansi terakreditasi. Salah satunya instansi yang menawarkan training ISO ialah skaskt.co.id.

Berikut tipe training sertifikasi ISO 14001 yang ditawarkan skaskt.co.id

Understanding and Implementing

Mempunyai tujuan memberi training dan pengetahuan mengenai ISO 14001 dan semua hal yang terkait dengan sistem manajemen lingkungan terhadap peserta.

Internal Auditor

Training yang mempunyai tujuan memberi ketrampilan dan pengetahuan pada peserta supaya bisa mengurus program dan melaksanakan pekerjaan audit intern sistem manajemen lingkungan ISO 14001

Lead Auditor

Training ini mempunyai tujuan agar mengelola dan lakukan aktivitas audit sistem manajemen lingkungan sesuai dengan standard ISO 14001.

Kelebihan dan kekurangan ISO 14000 dan 14001

Kelebihan:

  • Kurangi resiko usaha.
  • Menaikkan kinerja lingkungan perusahaan.
  • Tersedianya jaminan keteraturan pada mutu produk.

Kekurangan:

  • Mendapat Sertifikat ISO yang diinginkan itu sulit
  • Cost Untuk memperoleh ISO yang mahal

Sertifikasi ISO 14001

Bila anda memerlukan info berkaitan konsultasi serta sertifikasi berkaitan ISO 14001, silahkan mengbungi kami lewat feature whatsapp yang berada di halaman ini. ituah dia artikel tentang Perbedaan ISO 14000 dan 14001.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram