SKA Konstruksi 2022 – Pekerja bidang konstruksi memiliki keahlian khusus sesuai kompetensi di bidangnya. Keahlian tersebut dapat dibuktikan dengan memiliki dokumen SKA Konstruksi 2022. Memangnya, apa itu SKA Konstruksi? Apa saja manfaat atau fungsi dokumen sertifikat tersebut?

Bagaimana cara pembuatan SKA online? Apa saja syarat yang harus dipersiapkan? Jawaban dan penjelasan lebih lengkap tentang SKA Konstruksi 2022 Indonesia akan dibahas melalui artikel di bawah ini!

SKA Konstruksi 2022 : Manfaat, Syarat dan Cara Membuatnya
SKA Konstruksi 2022 : Manfaat, Syarat dan Cara Membuatnya

Pengertian dan Definisi SKA Konstruksi 2022

Sertifikat Keahlian atau SKA Konstruksi 2022 adalah sebuah dokumen berupa sertifikat yang dimiliki oleh seorang tenaga kerja di bidang konstruksi sebagai bukti kompetensi keahlian yang dimilikinya.

Seorang tenaga ahli di bidang konstruksi yang memiliki SKA artinya pekerja tersebut sudah memenuhi persyaratan kompetensi berdasarkan keilmuan, fungsi, dan keahlian tertentu.

Sertifikat keahlian konstruksi tersebut bersama dengan SKT (Sertifikat Keterampilan) kini disebut dengan istilah Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK). Semua tenaga kerja konstruksi yang ingin memperoleh sertifikat tersebut harus mengikut prosedur sertifikasi keahlian secara resmi.

SKA Konstruksi 2022 diterbitkan secara resmi oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) yang berada di bawah Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Di dalam proses pembuatannya, SKA dapat dikeluarkan atau diterbitkan melalui pengajuan dari asosiasi profesi jasa konstruksi. Selain itu, SKA juga dapat diajukan oleh instansi tertentu yang telah mendapat akreditasi atau izin resmi dari LPJK.

Masa berlaku SKA adalah tiga tahun setelah dikeluarkan atau diterbitkan secara resmi. Sebelum masa berlaku tersebut berakhir, Anda harus melakukan perpanjangan SKA Konstruksi 2022. Secara umum, berikut ini tahapan dalam proses perpanjangan SKA Konstruksi, yaitu:

  • Memastikan kembali bahwa Anda masih aktif menjadi anggota Asosiasi Profesi di bidang konstruksi.
  • Melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dan mempersiapkan biaya perpanjangan SKA.
  • Mengurus perpanjangan SKA secara mandiri atau menggunakan jasa pihak ketiga.
  • Menunggu proses perpanjangan SKA selesai dan mendapatkan dokumen SKA yang sudah diperpanjang masa berlakuknya.

Peraturan pemerintah yang lebih detail mengatur tentang SKA Konstruksi dapat dilihat pada Surat Edaran Menteri PUPR Nomor 02/SE/M/2021.

Fungsi dan Manfaat SKA Konstruksi 2022

SKA untuk apa? Fungsi utama dari SKA adalah dokumen bukti resmi untuk menunjukkan kemampuan atau keahlian yang dimiliki oleh seorang pekerja konstruksi. Dokumen sertifikat keahlian tersebut wajib dimiliki oleh setiap pekerja ahli di bidang konstruksi.

Mengapa? Hal ini karena SKA Konstruksi 2022 memiliki manfaat atau peranan penting bagi suatu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi.

Perusahaan yang bergerak di jasa konstruksi pasti ingin memiliki SBU (Sertifikat Badan Usaha). Salah satu syarat pengajuan pembuatan SBU adalah setiap pekerja ahli di perusahaan tersebut harus memiliki SKA.

Pekerja yang memiliki SKA nantinya akan bertugas sebagai Penanggung Jawab Teknik (PTJ) dalam proses pengajuan SBU tersebut. Oleh karena itu, SKA memiliki peranan yang sangat penting bagi seorang tenaga konstruksi dan perusahaannya.

Jenjang atau Tingkatan Sertifikat Keahlian (SKA)

Di dalam bidang konstruksi, SKA memiliki tingkatan atau jenjang. Jenjang SKA akan menentukan tempat tenaga ahli bekerja sesuai keahlian yang dimiliki. Selain itu, jenjang SKA juga digunakan sebagai bahan pertimbangan menemukan tenaga ahli pengerjaan suatu proyek konstruksi.

Ada berapa jenjang SKA? Apa saja jenjang dalam Sertifikat Keahlian (SKA)? Berikut ini tingkatan atau jenjang Sertifikat Keahlian (SKA) di bidang konstruksi, yaitu:

1. SKA Ahli Muda

Perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi skala menengah 1 (M1) dengan nilai modal 500 juta hingga 10 miliar harus memiliki tenaga kerja dengan SKA Ahli Muda. Berikut ini detail pendidikan terakhir seorang tenaga ahli dengan sertifikat SKA ahli muda, yaitu:

  • Lulusan teknik S2 sesuai bidangnya dan harus memiliki pengalaman kerja minimal selama 1 tahun.
  • Lulusan teknik S1 sesuai bidangnya dan harus memiliki pengalaman kerja minimal selama 2 tahun.
  • Lulusan teknik D3 sesuai bidangnya dan harus memiliki pengalaman kerja minimal selama 5 tahun.

2. SKA Ahli Madya

Tingkat yang lebih tinggi dari SKA ahli muda adalah SKA ahli madya. Cirinya adalah nilai modal pada akta perusahaan tertulis 10 miliar hingga 50 miliar rupiah. Berikut ini jenjang pendidikan minimal yang harus dimiliki pekerja dengan SKA ahli madya, yaitu:

  • Lulusan teknik S2 dengan bidang yang sesuai dan memiliki pengalaman kerja minimal selama 2 tahun.
  • Lulusan teknik S1 dengan bidang yang sesuai dan memiliki pengalaman kerja minimal selama 7 tahun.

3. SKA Ahli Utama

Tingkat tertinggi dari SKA adalah SKA ahli utama. Jenis jenjang SKA yang satu ini harus dimiliki para pekerja ahli yang bekerja di perusahan konstruksi skala besar 1 dan 2 atau B1/ B2. Cirinya adalah akta perusahaan mencantumkan nilai modal di akta sebesar lebih dari 50 miliar.

Daftar SKA 2022 untuk SKA ahli utama harus memiliki jenjang pendidikan minimal, yaitu:

  • Lulusan teknik S2 sesuai bidangnya dan minimal memiliki pengalaman kerja 5 tahun.
  • Lulusan teknik S1 sesuai bidangnya dan minimal memiliki pengalaman kerja 12 tahun.

Syarat Pembuatan SKA Konstruksi

Jika ingin daftar SKA tenaga ahli, maka Anda harus mempersiapkan dan memenuhi semua syarat dan ketentuan. Apa saja syarat dan ketentuannya? Berikut ini beberapa dokumen yang harus dipersiapkan dalam pembuatan SKA Konstruksi 2022, yaitu:

  • Fotokopi identitas diri dapat berupa KTP.
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi ijazah minimal D3 atau S1 yang sudah dilegalisir
  • Fotokopi transkrip nilai jenjang pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir
  • Pas foto ukuran 3 x 4 berwarna sebanyak 3 lembar yang paling baru
  • Surat kebenaran data tenaga ahli dilengkapi dengan materai
  • Referensi Kerja
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Nomor Telepon dan Email Pemohon SKA yang Aktif

Prosedur Cara Membuat SKA Konstruksi 2022

Pengurusan SKA Konstruksi 2022 secara umum dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu pembuatan SKA secara mandiri dan pembuatan SKA menggunakan jasa pihak ketiga. Apa perbedaannya?

Berikut ini cara pembuatan SKA Konstruksi 2022 terbaru, yaitu:

1. Pembuatan SKA Online secara Mandiri

Cara membuat SKA online dapat dilakukan dan diurus secara mandiri tanpa menggunakan bantuan dari jasa pihak ketiga. Cara yang satu ini memang memerlukan waktu dan tenaga yang besar karena segala keperluan harus diurus secara mandiri.

Bagaimana prosedur pembuatan SKA Konstruksi secara mandiri? Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat SKA Konstruksi online secara mandiri, yaitu:

1.1 Mempersiapkan Syarat dan Ketentuan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan semua syarat dokumen untuk pembuatan SKA. Sebaiknya siapkan dokumen-dokumen asli dan fotokopi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Syarat dokumen yang paling penting diperhatikan adalah dokumen ijazah pendidikan terakhir. Dokumen ini harus sesuai dengan syarat jenjang SKA yang ingin dibuat.

Sebaiknya siapkan juga dokumen dalam bentuk file scan untuk memudahkan pembuatan SKA secara online yang memerlukan upload berkas persyaratan.

1.2 Melakukan Pendaftaran

Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran pembuatan SKA. Pendaftaran tersebut dapat dilakukan secara online pada situs resmi LPJK. Pastikan Anda membuat akun yang diperlukan untuk pendaftaran SKA dengan mengisi berbagai informasi data diri.

1.3 Mengurus Pengajuan SKA Online

Pengurusan atau pengajuan SKA online dapat dilakukan langsung melalui situs resmi dari LPJK. Berikut ini rincian cara mengurus pengajuan SKA online secara mandiri, yaitu:

  1. Buka browser apa saja untuk masuk pada website resmi LPJK https://lpjk.pu.go.id/.
  2. Lakukan registrasi akun atau langsung login menggunakan akun LPJK yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Masuk ke bagian pembuatan atau pengajuan SKA/ SKK-Konstruksi.
  4. Kemudian, isi semua data yang diperlukan dalam formulir pengajuan SKA online. Jika ada berkas yang harus diupload, maka pastikan berkas atau dokumen tersebut jelas dan memiliki ukuran sesuai ketentuan.
  5. Cek kembali semua data yang sudah diisi terutama pada bagian data diri. Pastikan semua data pengajuan SKA sudah diisi dengan benar dan jujur tanpa adanya pemalsuan.
  6. Kirim atau selesaikan proses pendaftaran pengajuan pembuatan SKA online tersebut.

1.4 Menunggu dan Mendapatkan SKA

Setelah proses pengajuan pembuatan SKA selesai dilakukan, maka Anda hanya perlu menunggu dalam waktu tertentu. Pihak LPJK akan memproses pengajuan pembuatan SKA yang sudah Anda ajukan secara online.

Jika ingin memastikan atau mengecek status permohonan pembuatan SKA, maka Anda bisa mengeceknya langsung di website resmi LPJK https://lpjk.pu.go.id/. Masuklah pada menu “Cek Status Permohonan SBU & SKK-K di LSBU & LSP”.

Ketika proses pengajuan dan pembuatan SKA berhasil dilakukan, maka Anda akan segera mendapatkan SKA Konstruksi melalui e-mail resmi dari LPJK.

2. Pembuatan SKA Online Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Selain dapat dibuat secara mandiri menggunakan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, SKA Konstruksi 2022 juga dapat dibuat melalui bantuan jasa dari pihak ketiga. Kini sudah banyak jasa pembuatan SKA terpercaya yang menawarkan layanannya.

Kelebihan dari cara pembuatan SKA online melalui jasa pembuatan SKA pihak ketiga, yaitu:

  • Menghemat tenaga untuk mengurus SKA sendiri. Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan pembuatan SKA.
  • Lebih hemat waktu karena proses pembuatan SKA melalui jasa pihak ketiga lebih cepat.
  • SKA yang sudah dibuat terjamin keasliannya karena jasa pembuatan SKA sudah memiliki izin usaha resmi.
  • Mendapat kesempatan langsung untuk berdiskusi mengenai SKA

Selain itu, perbedaan pembuatan SKA sendiri dan menggunakan jasa pihak ketiga terletak pada biaya yang dikeluarkan. Biaya pembuatan SKA melalui pihak ketiga memang lebih besar dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan sendiri.

Namun, besarnya biaya pembuatan SKA tersebut tentu akan sebanding dengan manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh. Selain itu, banyak juga jasa pembuatan SKA yang kini menawarkan harga lebih murah atau terjangkau.

Pembuatan SKA melalui penyedia jasa pihak ketiga menjadi salah satu cara yang kini banyak dipilih terutama oleh orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk mengurus SKA sendiri.

Anda pun dapat mengurus pembuatan SKA Konstruksi menggunakan jasa pembuatan SKA terpercaya agar mendapatkan layanan terbaik dengan harga terjangkau.

Besarnya Biaya Pembuatan SKA Konstruksi 2022

Pembuatan SKA Konstruksi 2022 tidak hanya perlu persiapan dokumen dan persyaratan tertentu. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan dana yang dibutuhkan dalam proses pembuatan SKA. Memangnya, Berapa biaya buat SKA?

Besarnya biaya pembuatan SKA berbeda-beda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenjang SKA, proses pembuatan SKA, pilihan jasa pembuatan SKA, dan lain sebagainya.

Harga SKA Konstruksi 2022 rata-rata kurang lebih sekitar Rp 2.000.000 hingga Rp 7.000.000. Untuk mengetahui besarnya SKA yang dibuat, Anda harus cek SKA Konstruksi dulu dan memastikan jenjang SKA yang akan dibuat.

Berikut ini rincian biaya pembuatan SKA berdasarkan jenjang atau tingkatan jenis SKA Konstruksi, yaitu:

  • Biaya pembuatan SKA Ahli Muda kurang lebih Rp 2.000.000.
  • Biaya pembuatan SKA Ahli Madya kurang lebih Rp 3.000.000.
  • Biaya pembuatan SKA Ahli Utama kurang lebih Rp 7.000.000.

Semakin tinggi tingkatan atau jenjang SKA yang dibuat, maka biaya pembuatannya pun akan semakin tinggi.

Jika menggunakan jasa pembuatan SKA yang ditawarkan pihak atau lembaga resmi tertentu, maka Anda juga harus mempersiapkan biaya tambahan untuk membayar jasa tersebut. Tenang saja dan tidak usah khawatir kini sudah banyak jasa pembuatan SKA yang menawarkan harga terjangkau dan murah.

Anda hanya perlu menemukan jasa pembuatan SKA terbaik yang berkualitas dan mampu mengurus pembuatan SKA dengan tepat waktu.

Baca juga : SBU terbaru 2022

Rekomendasi Terbaik Jasa Terbaik Pembuatan SKA Konstruksi 2022

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SKA dapat dibuat dengan menggunakan bantuan dari jasa membuat SKA online. Kini, pihak yang memberikan jasa atau layanan pembuatan SKA Konstruksi memang sangat banyak.

Namun, pastikan untuk tetap memilih jasa pembuatan SKA terbaik dari SKASKT.CO.ID. Jasa pembuatan SKA Konstruksi 2022 yang satu ini memiliki banyak kelebihan, yaitu:

  • Memiliki izin usaha resmi dan terpercaya.
  • Berpengalaman dalam bidang layanan sertifikasi lebih dari 10 tahun.
  • Memiliki tenaga kerja yang mampu bersikap profesional dalam mengurus berbagai sertifikat keahlian.
  • Mampu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dengan baik untuk pembuatan sertifikat keahlian.
  • Proses pengurusan sertifikat berlangsung lebih cepat.
  • Menjamin data dan transaksi yang dilakukan setiap client.
  • Menyediakan layanan online dan tidak membingungkan/ ribet.
  • Responsif memberikan layanan setiap saat kepada semua calon client maupun client.
  • Memberikan garansi keaslian sertifikat yang dibuat.
  • Menawarkan harga terjangkau dalam proses pembuatan sertifikat keahlian.
  • Terbukti sudah memiliki banyak client yang dibantu dalam pembuatan SKA maupun sertifikat keahlian lainnya.
  • Selalu mendapat ulasan atau review positif dari client yang pernah membuat sertifikat keahlian.

Selain itu, SKASKT.CO.ID juga menyediakan layanan pembuatan sertifikat yang lengkap. Misalnya, Sertifikat LPJK, Sertifikat ISO, Sertifikat BNSP, Sertifikat KEMNAKER, dan berbagai jenis sertifikat keahlian lainnya.

SKASKT.CO.ID memiliki kantor pusat di Jalan H Sutiono Nomor 7, Pekanbaru, Riau. Anda bisa langsung datang ke kantor untuk memesan layanan pembuatan SKA atau sertifikat keahlian lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi langsung SKASKT.CO.ID ke nomor 0822-6483-2145.

SKASKT.CO.ID juga bisa dihubungi melalui email ke cs@skaskt.co.id. Informasi lebih lengkap tentang layanan dari SKASKT.CO.ID juga dapat diperoleh melalui website resmi di https://www.skaskt.co.id/.

SKA Konstruksi 2022 merupakan dokumen sertifikat penting untuk membuktikan keahlian seorang tenaga kerja konstruksi. Pembuatan SKA Konstruksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan layanan  terbaik dari https://www.skaskt.co.id/.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram