Cara Daftar SKA Online Mudah dan Cepat - Jasa Pembuatan SKA & SKT, SBU, ISO, ONLINE LPJK
Halo, ada yang bisa dibantu?
Form Order

Cara Daftar SKA Online Mudah dan Cepat

shape image

Cara Daftar SKA Online Mudah dan Cepat

Konten [Tampil]

 


Setiap tenaga kerja dibidang konstruksi harus memiliki SKA. Apa itu SKA? Apakah Anda sudah mengetahui hal ini? Artikel kali ini akan membahas SKA dan cara daftar SKA online mudah dan cepat.

 

Mengapa perlu melakukan pendaftaran pembuatan SKA online? Karena, SKA sendiri wajib untuk dimiliki oleh tenaga kerja konstruksi.

 

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SKA

SKA atau sertifikat keahlian yang mana menjadi salah satu persyaratan untuk menjalankan usaha dibidang konstruksi.

 

Membahas mengenai SKA, setiap tenaga kerja yang bekerja dibidang konstruksi ini harus benar-benar paham dan memiliki wawasan serta kompetensi di bidangnya masing-masing.

 

Maka dari itu, tidak ada salahnya ketika perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi  ketika membentuk tim ini memilih tenaga kerja konstruksi secara selektif melalui sertifikat keahlian (SKA).

 

Tidak hanya itu untuk perorangan yang ingin menjadi salah satu penanggung jawab teknik (PJT) dan penanggung jawab klasifikasi (PJK) harus memiliki SKA terlebih dahulu.

 

Sudah tidak mengherankan jika SKA ini juga menjadi bukti sah yang telah dikeluarkan oleh LPJK sebagai bentuk bahwa setiap individu yang mendapatkan SKA memiliki keahlian.

 

Maka dari itu, jika Anda merupakan orang yang bekerja dibidang konstruksi harus segera melakukan pendaftaran SKA. Pada saat kondisi pandemi covid-19, juga tidak memungkinkan untuk mendaftarkan diri secara offline.

 

Tenang saja, alternatif yang dapat dilakukan dan diterapkan saat ini adalah registrasi SKA online.

 

Daftar SKA online ketika wabah covid-19 bukanlah masalah besar karena, LPJK online akan membantu Anda.

 

Sebelum itu, ketika Anda ingin melakukan pendaftaran SKA secara online, Anda perlu mengetahui jenis-jenis SKA saat ini.

 

Inilah jenis-jenis dari SKA yang wajib Anda ketahui sebelum menerapkan cara membuat SKA di LPJK, diantaranya sebagai berikut:

 

  1. SKA ahli muda

Jenis pertama yaitu SKA ahli muda. Jadi, untuk SKA ahli muda ini akan diberikan kepada tenaga kerja yang sudah menempuh pendidikan minimal D3 dan pengalaman kerja 2 tahun.

 

Bahkan, sertifikat ini bisa diberikan kepada tenaga kerja yang merupakan lulusan S1 tanpa adanya pengalaman kerja dibidang konstruksi.

 

  1. SKA ahli madya

Jenis kedua yaitu SKA ahli madya. SKA ini diberikan kepada tenaga kerja dengan minimal pendidikan D3 di bidang teknik dan harus memiliki pengalaman kerja dalam waktu 5 tahun.

 

Bahkan, bisa juga SKA ahli madya ini diberikan kepada tenaga kerja yang mendapatkan pendidikan S1 dan minimal mempunyai pengalaman kerja dalam jangka waktu 2 tahun.

 

Sebelumnya, persyaratan pendidikan untuk mendapatkan SKA ahli madya ini harus merupakan lulusan dibidang teknik.

 

  1. SKA ahli utama

Jenis ketiga yaitu SKA ahli utama. SKA yang satu ini akan diberikan terhadap tenaga kerja dengan minimal pendidikan S1 dan pengalaman kerja 8 tahun lamanya.

 

Selain itu, bisa juga dengan minimal pendidikan S2 dan pengalaman kerja dalam jangka waktu 5 tahun lamanya.

 

Setelah Anda mengetahui pengertian dan jenis SKA, Anda akan dapat dengan mudah menerapkan cara perpanjang SKA LPJK dan cara daftar SKA saat ini.

 

CARA PENDAFTARAN SKA LPJK ONLINE

Kali ini Anda perlu mengetahui cara untuk melakukan pendaftaran SKA melalui LPJK online. Apakah cara ini akan mudah untuk diterapkan?

 

Inilah tips daftar SKA online terbaru, di antaranya sebagai berikut:

 

  1. Melakukan penyesuaian dengan tenaga ahli saat ini, karena SKA sendiri terdiri dari beberapa bidang.

 

Bidang tersebut diantaranya yaitu manajemen pelaksana, arsitektur, mekanikal, elektrikal, dan tata lingkungan.

 

Mengapa perlu disesuaikan? Sebagai pengakuan kompetensi yang Anda miliki saat ini.

 

  1. Memilih kualifikasi yang pas untuk melakukan pendaftaran SKA saat ini. Anda sudah tahu bukan dengan 3 kualifikasi jenis? Ahli muda, ahli madya, dan ahli utama.

 

Itulah hal yang perlu diperhatikan saat ini.

 

  1. Mengunjungi situs resmi LPJK online. Pergilah ke tempat pembuatan SKA. Anda akan diarahkan untuk melakukan pengisian formulir online. Melampirkan dokumen yang diminta.

 

  1. Tunggu balasan email dari LPJK yang mana memberitahukan kepada SKA anda akan diproses.

 

  1. Pada saat dokumen SKA Anda sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan email dari LPJK yang mana LPJK akan melampirkan scan SKA.

 

Sangat mudah sekali bukan untuk melakukan pendaftaran pembuatan SKA di LPJK secara online.

 

Anda tidak perlu repot riwa-riwi untuk datang langsung ke kantor LPJK. Sebelumnya, cara pembuatan SKA ini hampir sama dengan cara daftar SKT online.

 

Jika, Anda merasa bahwa kesusahan melakukan pendaftaran SKA maupun SKT secara online, Anda bisa berkonsultasi di sini dengan mudah.

 

LENGKAPI DATA YANG DIBUTUHKAN

Setelah Anda mengetahui cara daftar SKA online, Anda perlu mempersiapkan segala data yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran.

 

Anda harus tahu bahwa data yang dibutuhkan untuk membuat SKA ini sangatlah banyak, tapi tidak susah untuk dicari. Apakah Anda sudah tahu data yang perlu dibawa?

 

Data yang perlu dibawa dan dilengkapi adalah fotokopi KTP, legalisir ijazah, NPWP, kebenaran atas dokumen yang dilampirkan, daftar riwayat hidup, dan surat pengalaman kerja.

 

PEMBUATAN SKA CEPAT DAN MUDAH

Anda membutuhkan jasa pembuatan SKA dengan cepat dan mudah?

 

Anda tepat sekali, Anda bisa mendapatkan penyedia jasa pembuatan SKA cepat dan mudah hanya ada di sini.

 

Anda tidak hanya akan mendapatkan pelayanan pembuatan SKA saat ini, di sini Anda bisa melakukan cek SKA LPJK online.

 

Anda akan mendapatkan pelayanan penuh dan Anda bisa berkonsultasi mengenai SKA dan SKT di sini, salah satu contohnya Anda bisa berkonsultasi mengenai cara cek SKA digital.

 

Setelah Anda mengetahui informasi cara daftar SKA online mudah dan cepat, Anda akan mendapatkan informasi lainnya yang berkaitan dengan SKA di sini.

© Copyright 2014 Jasa Pembuatan SKA & SKT, SBU, ISO, ONLINE LPJK

Form Order

Whatsapp Apps Must be Installed in your Phone!.

Kirim Pesan