Bisnis yang bergerak dalam bidang konstruksi membutuhkan legalitas tertentu. Legalitas ini penting agar usaha yang dilakukan valid dan resmi. Agar tidak ribet dan lebih praktis ada baiknya menunjuk jasa pembuatan SBU Konstruksi terpercaya dan berpengalaman.

SBU sendiri singkatan dari Sertifikat Badan Usaha sebagai bukti legalitas resmi usaha yang dilakukan. Apa itu seluk beluk SBU dan tips memilih jasa pembuatan SBU, bisa cek langkap dalam artikel ini.

Jasa Pembuatan sbu konstruksi
Jasa Pembuatan sbu konstruksi

Pengertian SBU Konstruksi

SBU Konstruksi adalah Sertifikat Badan Usaha sebagai tanda bukti pengakuan terhadap kualifikasi atas kemampuan BUJK (Badan Usaha Jasa Konstruksi). BUJK diterbitkan di OSS RBA (Online Single Submission Risk Based Approach).

OSS RBA menerbitkannya melalui suatu proses sertifikasi LSBU (Lembaga Sertifikasi Badan Usaha) sebagai standar izin usaha dalam bidang khusus jasa konstruksi. Kepemilikan SBU wajib dalam sektor konstruksi berdasarkan pasal 30 UU Jasa Konstruksi.

Cara membuat sbu konstruksi 2022 kurang lebih membutuhkan waktu satu bulan tergantung dari berapa jumlah SBU yang sedang dalam proses. Adapun perusahaan mendapatkan SBU jika memiliki Sertifikasi Tenaga Ahli (SKA).

Perusahaan juga telah terdaftar dalam asosiasi terakreditasi pada LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi). Sertifikat yang didapatkan sebagai bukti pengakuan kualifikasi dan kemampuan usaha jasa konstruksi sebagaimana badan usaha konstruksi asing. 

Sertifikasi khusus untuk sebuah badan usaha oleh LPJK. Sedangkan bagi perseorangan adalah TDPU (Tanda Daftar Usaha Perorangan). SBU memang sangat penting dalam bidang usaha agar pengembangannya resmi dan bersertifikasi sesuai aturan yang berlaku.

Syarat Pembuatan SBU Konstruksi

Jasa pembuatan SBU Konstruksi berdasarkan pada klasifikasi dan sub klasifikasi dengan beberapa kualitas tertentu. Mulai dari kualifikasi kecil, menengah dan besar dengan syarat jasa kelayakan dokumen memadai. 

Adapun kelayakan dokumen mencakup beberapa hal, yaitu:

  • Penjualan tahunan
  • Kemampuan keuangan
  • Tenaga kerja konstruksi
  • Peralatan konstruksi

Jika ingin memenuhi klasifikasi SBU Konstruksi artinya sebuah badan usaha harus memenuhi semua syarat-syaratnya. Baik itu data badan usaha, data tenaga kerja, data keuangan, data ISO serta sub data yang akan dibuat.

Adapun secara rinci, syarat pembuatan SBU Konstruksi adalah sebagai berikut:

1. Syarat Data Badan Usaha

Data badan usaha ini meliputi data dari badan usaha untuk pembuatan SBU, yaitu:

  • Data BU mencakup nama, NPWP, nomor telepon dan email.
  • Data PIC mencakup nama, NPWP, nomor telepon dan email.
  • Akta pendirian dan SK Kumham.
  • Akun OSS.
  • Pas foto dari PJBU (Penanggung Jawab Badan Usaha)
  • NIB (RBA) KBLI 2020.

2. Syarat Data Tenaga Kerja dari Badan Usaha

Terdapat persyaratan untuk memenuhi tenaga kerja dalam bidang usaha, dengan melampirkan:

  • Sertifikat keahlian yang sesuai dengan kualifikasi dan subklasifikasi pemohon.
  • Surat pernyataan tanggung jawab dan lampiran daftar tenaga kerja konstruksi.

3. Syarat Data Keuangan

Memerlukan syarat lengkap data keuangan berupa:

  • Akuntan publik dalam 2 tahun terakhir dalam kualifikasi menengah dan besar sekaligus.
  • Data neraca keuangan dalam kualifikasi kecil.

4. Syarat Data Alat Konstruksi

Setiap jasa pembuatan SBU Konstruksi membutuhkan syarat berupa data peralatan. Peralatan konstruksi banyak jenisnya dan setiap badan usaha dengan bidang konstruksi pasti memiliki aset. 

Untuk syarat berikutnya termasuk kepemilikan alat konstruksi, yaitu:

  • Bukti kepemilikan dari alat konstruksi.
  • Surat pernyataan laik pakai dari badan usaha dalam kualifikasi kecil.
  • Hasil periksa uji.
  • Foto peralatan dari depan, samping dan belakang.
  • Foto plat nama alat.

5. Syarat Data ISO

Perusahaan yang berniat memiliki SBU Konstruksi tentu memiliki syarat data ISO berupa sertifikat Sertifikat ISO 9001:2015 dalam hal ini Sistem Manajemen Mutu atau SMM. Tak lupa Sertifikat ISO 37001:2016 berupa Sistem Manajemen Anti Suap atau SMAP.

Apabila kebutuhan syarat terpenuhi maka dapat mengetahui biaya pembuatan SBU Konstruksi Dengan begitu dapat mempersiapkan kebutuhan dana dan mempercepat proses pembuatan.

Fungsi dan Seberapa Penting SBU Konstruksi

Zaman digital membuat semua kepengurusan melalui OSS lebih mudah dan cepat seperti halnya dalam mengurus SBU. Pengurusan SBU online menjadi pilihan yang memudahkan para pelaku usaha memperoleh SBU.

Sedemikian penting SBU konstruksi karena memberikan tanda bahwa badan usaha tersebut melakukan pekerjaan sesuai dengan klasifikasi. Baik klasifikasi bidang, sub bidang dan kualifikasi dalam sertifikat badan usaha.

Adanya SBU memberikan fungsi penting dalam tumbuh kembang suatu badan usaha, antara lain:

1. Untuk Memenuhi Persyaratan IUJK

SBU menjadi syarat utama untuk mendapatkan IUJK. Apa itu IUJK? IUJK singkatan dari Izin Usaha Jasa Konstruksi yang berguna sebagai salah satu izin resmi dalam kinerja badan usaha itu sendiri. Tanpa SBU IUJK badan usaha tidak mungkin mendapatkan izin tersebut.

2. Sebagai Bukti Kompetensi Usaha

Sebuah badan usaha memerlukan bukti otentik guna menyatakan kemampuan usaha konstruksi secara formal usaha sesuai klasifikasi dan kualifikasi yang telah ditentukan.

Dengan adanya SBU maka badan usaha baik lokal maupun asing yang berkecimpung dalam bidang konstruksi telah terbukti kemampuan dan kualitasnya.

3. Sebagai Kualifikasi Ikut Tender

Jika ada tender atau proyek industri besar, badan usaha dengan SBU diperbolehkan mengikuti tender khususnya oleh pemerintah. Mendapatkan tender baik dalam proyek besar atau bahkan mega besar akan memberikan kesempatan terbaik bagi para pelaku usaha.

Bukti inilah yang memungkinkan sejumlah perusahaan berkembang pesat karena telah resmi memiliki SBU. Hasilnya lebih cepat bergerak mendapatkan banyak proyek dalam sebuah industri konstruksi.

4. Peningkatan Kredibilitas

Perusahaan dengan SBU kualitasnya tidak diragukan lagi. Jika suatu saat badan usaha akan berkolaborasi dengan perusahaan lain sudah bukan masalah lagi.

Terlebih bagi perusahaan yang berkembag pesat dan melakukan joint venture atau joint operation. Begitu banyak kemudahan yang didapat jika sebuah perusahaan memiliki SBU. Namun, bagaimana jika belum punya dan tidak ada waktu mengurusnya?

Melihat syaratnya membutuhkan waktu khusus untuk mengurus perizinan SBU. Tak perlu khawatir, semuanya lebih mudah dan cepat dengan menggunakan jasa pembuatan SBU Konstruksi. Akan tetapi, tunggu dulu, jangan sembarangan memilih layanan jasanya.

Tips memilih Jasa Pembuatan SBU Konstruksi

Cara mengurus SBU di OSS dapat saja dilakukan sendiri  tapi bagaimana syarat dan caranya tidak semua mampu memahami dengan baik. Memang tidak semudah teori sehingga ada baiknya menggunakan jasa pembuatan SBU.

Hanya saja jangan sembarangan dalam memilihnya. Agar tidak tertipu jasa layanan abal-abal perlu memilih yang resmi dan valid sesuai tips berikut ini.

1. Responsif

Pilih jasa layanan yang responsif dan tidak lambat. Malas rasanya jika menelepon atau melakukan chat tapi balasannya terlalu lama. Jasa layanan yang bagus akan memberikan layanan terbaik dengan bersikap responsif terhadap calon pelanggannya.

2. Profesional

Memilih jasa layanan perlu yang berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Pengalaman memang membutuhkan proses akan tetapi tetap ada celah untuk menentukannya. 

Pilihan berpengalaman akan menentukan solusi terbaik saat pembuatan SBU bermasalah dalam prosesnya.

3. Harga Terjangkau

Jangan sampai memilih jasa layanan dengan harga terlampau murah atau malah terlalu mahal. Pilih yang sangat terjangkau dan memang mampu bersaing. Biaya pembuatan SBU 2022 dapat diperkirakan dengan mudah tergantung kebutuhan.

Selain itu untuk lebih memastikannya, pihak jasa layanan akan memberikan rincian biaya yang sesuai dan berlaku pada 2022. Harga memang riskan lebih baik bertanya langsung di awal tentang perkiraannya agar siap menyediakan dana.

4. Memiliki Situs dan Media Sosial

Jangan lupa sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pembuatan SBU Konstruksi cek dahulu media sosial dan situs resminya. Jasa layanan terpercaya pada umumnya memiliki situs website resmi yang menampilkan profil perusahaan.

Dengan melihat website tersebut akan terlihat antara lain:

  • Dapat mengetahui dengan jelas data dan sepak terjang dari jasa yang telah dilakukan. 
  • Melihat testimoni para pelanggan yang telah menggunakan jasa tersebut.
  • Ada pengurusan layanan apa saja dan cara mengurus untuk berbagai jasa layanan tersebut.
  • Alamat dan kontak yang dapat dihubungi.
  • Profil jasa layanan secara keseluruhan.

Keberadaan website akan mempermudah calon pelanggan melihat sejauh mana kinerja jasa layanan dalam melayani para pelanggannya.

5. Garansi

Jangan pernah lupakan untuk cek apakah jasa layanan menyediakan garansi dalam pengerjaannya. Sertifikat membutuhkan garansi untuk keaslian sertifikat yang dikeluarkan. 

Jika misalnya terjadi hal yang kurang diinginkan, jasa layanan profesional akan segera memberikan solusi terbaiknya. Tips menjadi acuan penting dalam memilih jasa layanan terbaik. 

Selain itu perhatikan pula keamanan syarat dan sertifikat ketika melampirkannya dalam pembuatan. Untuk pelayanan optimal dan profesional jasa pembuatan SBU konstruksi dapat langsung cek https://www.skaskt.co.id/.

Cara membuat SBU tidak membuat repot sendiri karena semua tertangani dengan baik dari pihak layanan jasa. Berkas layanan juga aman dan terpercaya. Selain itu banyak keunggulan dalam bidang layanannya, yaitu:

  • Sangat terpercaya dengan 10 tahun lebih pengalaman berkecimpung dalam bidangnya.
  • Kepuasan layanan sistem online sehingga tidak repot dan anti ribet ribet.
  • Fokus dalam menangani banyak pelanggan.
  • Aman artinya data, syarat lampiran dan dokumen serta transaksi aman 100%.
  • Profesional karena penanganan oleh tim berpengalaman.
  • Responsif dan cepat ketika dihubungi. Mau tanya apapun siap melayani dengan baik.
  • Adanya garansi keaslian sertifikat sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Biaya terjangkau dan dapat dikonsultasikan dengan tim berpengalaman.

Selain itu mempunyai layanan pengurusan sertifikasi terkait jasa konstruksi, ketenagalistrikan, ketenagakerjaan, BNSP, ISO 9001, ISO KAN, SBU Konstruksi. Begitu pula dengan layanan BSN dan yang lainnya.

Selain memudahkan pelaku usaha, sangat  menghemat waktu. Sehingga pelaku usaha bisa fokus mengurusi berbagai aspek penting dalam usaha lainnya. Selain itu, jika terdapat syarat yang kurang dapat dibantu pihak jasa layanan sehingga tidak perlu repot-repot mempersiapkannya sendiri.

Penutup

Apabila menginginkan pembuatan SBU Konstruksi lebih praktis dan prosesnya juga cepat bisa langsung ke SKASKT.co.id saja. Jasa layanan siap melayani kebutuhan sertifikasi ke seluruh wilayah provinsi Indonesia.

Dengan mengetahui jasa pembuatan SBU Konstruksi profesional dan terpercaya, badan usaha dapat berkembang lebih pesat lagi. Semua itu karena sertifikasi resmi dan aman untuk berbagai keikutsertaan tender dan meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram